3.304 Calon Mahasiswa Ikut PMB Lokal UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 3304 calon mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti ujian tulis melalui jalur Penerimaan mahasiswa Baru (PMB) Lokal, (10/8/2015) di lingkungan kampus tersebut.

Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim mengatakan, jalur PMB Lokal menjadi jalur terakhir bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UIN Ar-Raniry. Lanjutnya, semua proses dari PMB Lokal atau jalur mandiri dilaksanakan oleh pihak UIN Ar-Raniry.

Sebelumnya kampus ini sudah melaksanakan dua tes, yaitu SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN yang dilakukan serentak secara nasional. Kata Farid, mahasiswa yang lulus pada jalur PMB Lokal, biaya SPP tetap sama dengan yang lulus pada kedua jalur lainnya.

“Mereka sama dengan yang lulus melalui jalur SPAN dan UM PTKIN, termasuk SPP atau biaya kuliahnya sesuai dengan UKT yang telah ditetapkan, ini penting disampaikan,” ujar Farid.

Rektor menyebutkan, tahun 2015 ini UIN Ar-Raniry mendapat pendaftar yang lumayan ramai, sebelumnya pada tahap pertama tercatat ada sekitar 9000 peserta yang mendaftar, tahap kedua ada 6500 calon mahasiswa yang mendaftar.

Dan tahun ini, berdasarkan peminatnya ada sekitar 7000 calon mahasiswa yang mendaftar pada jalur PMB Lokal, namun yang membayar uang pendaftaran hanya 3.304 peserta.

Rektor Farid menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan UIN Ar-Raniry sebagai tempat belajar bagi generasi muda masa depan. Meski kampus yang menjadi negeri makin bertambah, namum kepercayaan masyarakat ke UIN Ar-Raniry masih sangat tinggi, tutur Farid.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Muhibbutthabry menyebutkan, dari 3.304 calon mahasiswa jalur PMB Lokal, masing-masing terdiri dari 1.507 laki-laki dan 1.797 perempuan.

Sedangkan untuk katagori pilihan, sebanyak 303 orang memilih IPA, 1.695 memilih IPS dan 1306 memilih jalur IPC. [Rilis]