Besok, FSH Tanda Tangan Pernyataan Sikap Terhadap Peloncoan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa baru Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Ar-Raniry, besok, Selasa (1/9/2015) bakal membubuhi tanda tangan diatas spanduk berukuran besar sebagai pernyataan sikap terhadap peloncoan yang kerap diterima mahasiswa baru.

Hal itu disampaikan Zahlul pasha, alumni UIN Ar-Raniry yang juga mantan ketua Dewan Mahasiswa FSH, Senin (31/8/2015) malam. Pasha setuju dengan Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menyatakan tidak setuju dengan perpeloncoan.

“Besok sore, semua mahasiswa baru FSH, akan tanda tangan untuk pernyataan sikap terhadap peloncoan. Kita setuju dengan instruksi Anies Baswedan,” kata Pasha.

Menurutnya, mahasiswa sekarang harus mengubah tradisi pelonco dan menciptakan kebiasaan baru dalam memperkenalkan kampusnya. Lanjutnya, mahasiswa baru perlu mengetahui mengenai informasi seputar kampus, namun tidak dengan membuat mahasiswa baru menjadi aneh.

Selain itu sistem pelonco, kata Pasha, sarat dengan kekerasan yang berakibat pada trauma bagi mahasiswa baru. Sementara tema yang diusung pada Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan FSH, yaitu revolusi oral mahasiswa menuju mahasiswa yang berwawasan gobal.

“Sistem pelonco itu kadang bisa membuat mental mahasiswa jatuh. Jadi ini tidak mencerminkan nilai-nilai positif bagi mahasiswa sendiri. Perpeloncoan itu membuat mahasiswa tertekan dan hanya akan menjadi bahan tertawaan dan celaan, mahasiswa di buli, ada juga kekerasan fisik,” terang Pasha. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai