Mengenal Ar-Raniry Creative Fair

Ar-Raniry Creative Fair adalah suatu kegiatan dalam kencah dunia pendidikan dengan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi ranah kampus perguruan tinggi.

Ar-Raniry Creative Fair atau disingkat dengan ACF, perdana digelar tahun ini dengan tema, Kembali Lagi ke Jantong Hate Rakyat Aceh. ACF merupakan suatu agenda dari para intelektual muda yang memiliki nilai dan peran kontribusi yang nyata bagi negeri dan Aceh khususnya.

ACF terdiri dari berbagai item kegiatan yang memiliki berbagai macam bentuk kegiatan dimulai dengan Pameran Kreatifitas Mahasiswa, sayembara-sayembara, hingga hiburan yang menyenangkan seputaran dunia pendidikan dan juga melibatkan para pelajar tentunya dalam berkarya melalui bakat-minatnya.

Oleh karena dikelola oleh lembaga pendidikan, maka sangatlah wajar item kegiatan yang lebih menjurus ke dunia pendidikan khususya seperti Olympiade, Debat Bahasa Arab dan Debat Bahasa Inggris, Lomba Berhitung Cepat yang dikhususkan untuk pelajar sekolah dasar seperti SD/MI dan Lomba Rangking 1 yang terbuka untuk umum (Pelajar dan Mahasiswa).

Semua konsep kegiatan tersebut tentunya tak terlepas dari kata kreatif yang sesuai dengan nama kegiatannya Ar-Raniry Creative Fair.

Tak hanya itu, dunia pendidikan ini tentu sangatlah luas pengertiannya, seperti halnya pemahaman dalam keagamaan yang menjadi ciri khas dari Perguruan Tinggi ini, maka ACF ini juga mempersembahkan berbagai macam Item kegiatan dalam konsep Keagamaan. Seperti Fahmil Quran, Syarhil Quran, Tahfidzul Quran, Tilawatil Quran dan sayembara Musabaqah Makalah Quran.

Semua Item dari bidang Keagamaan ini tentunya akan diselenggarakan dalam bentuk sayembara atau lebih dikenal dengan Musabaqah, sesuai dengan tuntutan terhadap kita untuk berfastabiqul Khairat.

Dan untuk membuatnya agar lebih menarik tentang ACF ini adalah dengan memunculkan kembali corak kesenian serta budaya daerah dari kampus Jantong Hate ini, yaitu dengan menambahkan item-item kegiatan dalam bingkai Seni dan Budaya pada ACF ini. Seperti Item kegiatan Musikalisasi Puisi, Lomba Hikayat Aceh, Fashion Show Islami, Kaligrafi Arab serta Lomba Melukis tentunya.

Semua Item kegiatan dari ranah Seni dan Budaya ini juga diselenggarakan dengan konsep sayembara agar bakat-minat yang ditampilkan lebih menarik dan Kreatif pastinya.

Dan untuk membuat ACF ini agar tak membosankan, maka panitia ACF telah mengkonsepkan beberapa item yang semuanya dikelompokkan dalam bidang Hiburan, seperti Stand Up Commedy, BeatBox dan ada satu panggung yang paling meriah nantinya ketika dihadapkan di hadapan anda yaitu Cucoe Ar-Raniry Mencari Bakat, di Cucoe Ar-Raniry Mencari Bakat ini panitia telah menyiapkan bagi siapa saja, kalangan mana saja yang memiliki bakat minat terpendam, mari keluarkan dan tampilkan kreatifitas anda di atas panggung kreatif yang telah disediakan panitia ACF.

Juga tak kalah menariknya, sesuai tuntutan zaman, zamannya Dokumentasi, maka ACF juga akan memepersembahkan satu sayembara yaitu Lomba Photografi yang dikhususkan bagi mereka-mereka yang memiliki keahlian, skill, atau bisa dikatakan mereka yang ahli di bidangnya. Ikuti dan targetkan posisi kalian di urutan pertama untuk Photografi.

Terakhir, maka untuk membuat acara ini agak lebih tampak hidup, panitia ACF juga akan memamerkan hasil dari Kreatifitas para Mahasiswa juga para Pelajar di Stand Kreatif yang akan menampilkan semua jawaban dari pertanyaan kawan-kawan semua “Apa sih yang dilakukan oleh Mahasiswa UIN yang katanya Jantong Hate Rakyat Aceh dengan slogannya Loen Aneuk UIN Cucoe Ar-Raniry ?”

Jawabannya ada di stan-stan tersebut kawan-kawan …

Penulis ialah Konseptor Acara ACF.