Syahrizal Abbas: Diperlukan Pendidikan Berbasis Al Quran dan Sunnah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Prof. Syahrizal Abbas dan mantan Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Yusni Saby mengisi Seminar Maulid di UIN Ar-Raniry pada Sabtu (23/01/2016).

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Prof. Syahrizal Abbas menyatakan, permasalahan moral seperti pergaulan bebas, narkoba, dan kekerasan marak terjadi pada masyarakat saat ini. Hal tersebut merupakan bukti kurang berhasilnya pendidikan membentuk manusia yang sempurna.

Untuk mengatasi fenomena tersebut, ia menuturkan, diperlukan pengarahan pendidikan berbasis al quran dan sunnah.

“Dulu Nabi dikenal, dipercayai, dan dihormati lebih dahulu daripada diturunkannya wahyu, hal ini karena kepribadian karakter beliau yang begitu baik, hingga masyarakat jahiliyah ketika itu memberinya gelar al-amin,” kata Syarizal dalam seminar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry itu.

Menurutnya, pendidikan saat ini hanya bertumpu pada aspek kognitif saja. Seharusnya, lanjut Syahrizal, pendidik juga harus memperhatikan aspek afektif dan psokomotorik. Model seperti ini yang dicontohkan Rasullah SAW.

“Syariat Islam di Aceh tidak akan pernah sukses, kalau konsep pendidikan kita masih belum real. Salah satu yang dimaksud yaitu mengintegrasikan ilmu pengetahuan. Inilah yang mendasari berubahnya IAIN menjadi UIN,” tandas Syahrizal. []

Magang: Muhammad Ghafar

Mungkin Anda Menyukai