44 Atlet Hapkido Ikut UKT

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 44 atlet Hapkido Aceh mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) pertama yang dilaksanakan Pengurus Provinsi Hapkido Aceh di gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Sibreh, Aceh Besar.

Ujian yang diuji langsung oleh utusan dari Pengurus Pusat Hapkido Indonesia, Piter, berlangsung pada Minggu (29/5/2016). Peserta UKT Hapkido berasal dari lima wilayah berbeda, diantaranya Lhokseumawe, Banda Aceh, dan Aceh Besar.

Mengenai materi ujian Piter menyampaikan, walau belum lama berlatih atlet Hapkido Aceh sudah memenuhi standar secara umum. “Secara umum cukup memenuhi standar. Karena ini hanya masih awal, ada sedikit yang memang perlu disempurnakan aja untuk kesamaan konsep,” ujar Piter.

Ia juga menjelaskan, kesulitan yang dialami peserta secara umum terdapat pada gerakan rolling maupun nak beok atau jatuhan dan juga kuncian. Namun, untuk kuncian ia menuturkan bahwa tidak hanya atlet Aceh yang mengalaminya, hal tersebut juga dialami atlet Hapkido di daerah lainnya.

“Kuncian ini hampir semua wilayah mengalami hal yang sama, ini hal yang baru soalnya, karena kuncian itu tangan tidak hanya mengambil satu bagian parsial, itu dari ujung kaki sampai ujung badan semua harus berkoordinasi,” tambahnya.

Melihat antusiasme para atlet dan pelatih Hapkido Aceh, Piter juga optimis bahwa Hapkido Aceh nantinya akan memiliki potensi besar untuk ikut berpatipasi dalam ajang nasional.

“Satu dua tahun kedepan, Aceh ini akan luar biasa. Nanti, kalo betol-betol konsisten mungkin di nasional Aceh akan punya potensi yang baik,” jelas Piter.

Sekretaris Umum Hapkido Aceh, Budi Kurnia menyampaikan berdasar kabar yang ia dengar, jika atlet Hapkido Aceh akan dikirim ke Kejurnas dalam waktu tiga bulan ini. Namun, untuk mengikutsertakan atlet dalam lomba, pengurus Hapkido Aceh akan berkoordinasi dengan pelatih nantinya.

Rismayanti