APBA Aceh Belum Siap

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia meminta PLT Gubernur Aceh, Soedarmo melakukan kesepakatan dengan DPR Aceh perihal penyelesaian pembahasan Anggaran Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2017.

Hal tersebut disampaikannya pada saat mengisi kuliah umum mengenai Peran Fiskal dalam Membangun Perekonomian Inklusif di Gedung ACC Dayan Dawood, Kamis (5/1/2017).

Menurut Sri Mulyani, terlambatnya pembahasan APBA akan berdampak pada proses pelaksanaan nantinya.

“Berharap tidak terlambat karena itu sangat berpengaruh pada saat pelaksanaannya atau penerapan program pembangunan yang telah ditetapkan,” ujarnya Sri Mulyani ketika ditanyai tanggapan soal pembahasan APBA selalu telat dilaksanakan pemerintah Aceh.

Sri Mulyani meminta agar dalam hal ini antara pihak eksekutif dan legislatif untuk segera menyelesaikan pembahasan.  Karena katanya banyak daerah di Indonesia yang telah menyelesaikan pembahasan.

“Daerah lainnya banyak yang sudah sudah selesai dan mereka pada 2017 ini tidak harus mengalami penundaan.”

Sementara itu, PLT Gubernur Aceh, Soedarmo mengatakan pembahasan tentang APBA sudah berlanjut dan pihaknya telah melakukan kesepakatan dengan DPRA mengenai penetapan waktu paripurna yang rencananya akan dilaksanakan pada 16 Januari 2017 mendatang.

“Sebelumnya hasil kesepakatan adalah tanggal 15 ternyata hari itu libur jadi diundur ke tanggal 16,” ujarnya.

Kendati demikian, kata Soedarmo, jika paripurna tidak terlaksana pada 16 Januari ini, maka ia akan mengambil sikap untuk mempergubkan kembali.

“Namun kita telah sepakat pada Senin 16 Januari 2017 nanti untuk dilaksanakan paripurna. Saya telah duduk bersama teman-teman di DPRA dan mereka sepakat akan tetapi jika hal ini terjadi molor lagi ya terpaksa saya akan pergubkan,” ujarnya.[]

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai