Tips Menulis Resensi ala Ketua FLP Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Aceh, Isni Wardaton mengatakan resensi yang baik adalah resensi buku yang ketika dibaca orang justru lebih bagus dari buku aslinya.

Hal tersebut ia sampaikan pada saat menjadi pemateri menulis resensi di RUMCAY, Gampong Jeulingke, Minggu (8/1/2017).

“Salah satu rahasia menulis resensi buku hingga dimuat oleh media massa adalah tulis sebanyak-banyaknya kelebihan dari buku tersebut dan hindari menulis kekurangannya,” ujar Isni.

Menurut Isni, menulis resensi buku sama halnya dengan membantu mempromosikan karya si penulis buku bukan malah menjatuhkan. Ia juga mengatakan bahwa untuk menguatkan sebuah resensi, penulis menuangkan emosi dalam setiap bait tulisannya.

“Kemudian, setelah selesai menulis tinggalkan tulisan tersebut minimal satu jam, setelah itu baru edit kembali. Hal ini dilakukan agar inspirasi yang didapat lebih banyak dan kondisi otak sudah mulai segar kembali,” tambahnya.

Selanjutnya, Isni juga berharap agar para calon penulis memanfaatkan media blog sebagai wadah untuk menuangkan tulisan resensi yang sudah dibuat. Hal ini sangat membantu para penulis agar terbiasa dengan pekerjaan menoreh tinta tersebut. Kemudian Ketua FLP Aceh itu juga menyarankan agar membaca tulisan-tulisan resensi minimal dua tulisan yang pernah dimuat di media massa sebelum mengirim sebuah tulisan.[]

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai