Tiga Macam Mahasiswa Menurut Wakapolda

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Bambang Soetjahjo menghadiri kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Ar-Raniry di lapangan sepakbola kampus tersebut, Senin (14/8/2017).

Dalam kesempatan itu, Bambang menyampaikan materi kepada ribuan mahasiswa.

Materi yang disampaikan itu bertema “Bagaimana tanggung jawab generasi muda terhadap memelihara keamanan dan ketertiban bermasyarakat”.

Bambang mengatakan, di zaman sekarang ini ada tiga macam model mahasiswa. Pertama adalah mahasiswa kunang-kunang, di mana mahasiswa tersebut hanya menjalani rutinitas setiap hari dengan kuliah, ngopi dan tidur.

“Selesai kuliah ngopi, pulang, tidur, itu namanya mahasiswa kunang-kunang,” kata Bambang.

Yang kedua yaitu mahasiswa kupu-kupu. Bambang menjelaskan bahwa mahasiswa model ini hanya menjalani rutinitas setiap hari dengan kuliah, tanpa aktif di berbagai organisasi apapun.

“Ketiga adalah mahasiswa kura-kura, kuliah rapat-kuliah rapat, terkadang rapat yang dibahas tidak jelas sehingga pelajarannya ketinggalan, silahkan adik-adik pilih yang mana baiknya,” jelas Bambang.

Di samping itu, Bambang juga mengingatkan mahasiswa agar menjaga moral. Karena, jika seorang intelektual tanpa moral tak akan berguna bagi masyarakat.

Di akhir pembicaraan, Bambang mengajak mahasiswa untuk sama-sama melawan narkoba. Karena, narkoba dapat merusak generasi bangsa.

“Perang dulu masih memerlukan pasukan, tapi perang sekarang perang tanpa perlu pasukan, hanya dengan merusak moral maka rusaklah negara tersebut,” ujar Bambang. [mhf]

Magang: Rika Novia | foto: Riska Munawwarah

Mungkin Anda Menyukai