Media Massa Dipengaruhi Kepentingan Bisnis dan Politik

Sumberpost.com | Banda Aceh – Media cetak, elektronik ataupun online saat ini pemberitaannya semua bermuara dari kepentingan bisnis dan politik.

Hal itu disampaikan Muhammad Hamzah, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh, saat mengisi materi seminar komunikasi nasional di Aula Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry, Rabu (1/11/2017).

“Orang-orang yang dianggap bisa jadi pemimpin, dia menggunakan media massa sebagai penguatan politiknya,” ujar dia.

Hamzah juga menjelaskan agenda setting yang dilakukan media saat ini sangat mempengaruhi masyarakat.

“Jika media sudah sepakat untuk mengagendakan maka publik diarahkan untuk mengikuti agenda itu. Misalnya media telah mempercayakan seseorang untuk memimpin suatu daerah maka publik akan digiring untuk memilih pemimpin yang dipilih media itu,” jelas Hamzah.

Sebelum menutup materinya dia juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat agar ikut memberi pengawasan terhadap media saat ini.

“Masyarakat juga harus berperan untuk mengawasi pengaruh media saat ini,” tutup dia.

Selain Muhammad Hamzah, seminar yang digagas oleh Prodi KPI Program Pasca Sarjana ini juga diisi oleh Dr A Rani Usman, M.Si (Ketua Prodi KPI Pps) dan Dr Heri Budianto, M.Si (Ketua Aspikom).

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan MoU (kerjasama) antara Program Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry dengan Aspikom Aceh, Fikom Mercu Buana, KPI Aceh dan ISKI Aceh.

Saat membuka kegiatan, Direktur Program Pasca Sarjana, Prof Syahrizal Abbas dalam sambutannya mengatakan media massa sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat terutama perpolitikan Indonesia saat ini.

“Topik ini sangat relevan untuk dibahas, pertama komunikasi sangat universal, kedua dalam rangka pengembangan komunikasi dalam konteks global. Hampir dapat dipastikan peran media massa itu sangat luar biasa,” ujar Syahrizal. [mhf]

Magang: Riska Munawarah | foto: Fadhil

Mungkin Anda Menyukai