Sebanyak 48 Calon Raja dan Ratu Baca Aceh 2018 Ikuti Tes Tulis

Raja Baca Aceh 2017, Maman Abdullah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 48 calon Raja dan Ratu Baca Aceh 2018 mengikuti seleksi tahap satu (tes tulis) di gedung Perpustakaan Wilayah Aceh, Selasa (14/8/2018).

Dari hasil tes tahap ini akan dipilih 8 finalis terbaik untuk mengikuti seleksi tahap dua berupa presentasi dan wawancara yang dilaksanakan pada 20 Agustus serta penobatan Raja dan Ratu Baca Aceh 2018 bertepatan dengan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan pada 14 September mendatang.

Raja Baca Aceh 2017, Maman Abdullah mengatakan, siapa pun yang terpilih nantinya agar mampu membantu tugas pemerintah dalam meningkatkan minat baca masyarakat Aceh ke depan.

“Sebuah studi menyatakan tingkat minat baca Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara di dunia. Sangat miris, bukan?” kata Maman usai mengawasi tes tulis Raja dan Ratu Baca Aceh 2018.

“Tugas utama kita ke depan adalah mengarahkan laju dari pertumbuhan teknologi itu sendiri. Sebab saat ini gadget telah mengalihkan fokus masyarakat dari dunia literasi dan lalai pada media sosial,” tambahnya.

Maman berharap, masyarakat punya kepedulian terhadap rendahnya minat baca di Indonesia saat ini dan berupaya menularkan semangat literasi kepada para generasi muda ke depan.

Kepala Bidang Layanan Perpustakaan Aceh, Muhammad Zaini mengatakan, tujuan diadakan penobatan ini untuk menarik minat pemustaka pada Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh sebagai bentuk apresiasi serta mendekat masyarakat dengan pustaka melalu icon Raja dan Ratu Baca terpilih nantinya.

Raja dan Ratu Baca terpilih berhak mendapatkan hadiah umrah. Sedangkan dua pasang Raja Ratu Baca favorit masing-masing akan mendapatkan uang tunai sebesar 5 juta rupiah. []

Sara Masroni