Buku Rekontruksi Pemikiran KBA Akan Dibedah

Sumberpost.com | Banda Aceh- Bandar Publishing bekerjasama dengan Lembaga Kajian Konstitusi Indonesia (LKKI) dan Pusat Kajian Stragis Islam Sains Modern (PUSKASID) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, akan membedah buku karya Ramli Cibro yang berjudul “Rekontruksi Pemikiran Kamaruzzaman Bustamam Ahamad: Dari Islam Politik Ke Acehnologi 1996-2018”  di Gedung A Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry pada Senin, (23/9/2019).

Ketua Panitia, Zahlul Pasha, menyebutkan bahwa acara bedah buku dan diskusi publik ini dilakukan, sebagai upaya menjalankan tri darma perguruan tinggi.

“Kami menyambut baik gagasan penulis buku ini, Ramli Cibro dalam merekontruksi jejak pemikiran akademisi di Aceh seperti KBA. Ini bentuk kontribusi kami menghargai Ramli Cibro sekaligus untuk memberi ruang kepada publik memberikan masukan dan kiritikan terhadap buku yang sudah beredar ini,” katanya.

Menurut Zahlul yang juga merupakan Dosen FSH. Ramli Cibro, telah memulai mempetakan pemikiran KBA sejak tahun 2015, dan baru tahun 2018 draf bukunya diserahkan kepada penerbit Bandar Publishing.

Acara bedah buku ini nantinya akan dihadiri langsung oleh penulisnya, Ramli Cibro, Affan Ramli sebagai Islamilog dan Kamaruzzaman Bustamam Ahmad yang menjadi objek kajian, juga ikut hadir.

Ramli Cibro, dalam bukunya merekontruksi periodesasi pemikiran KBA dalam 5 fase. Pertama fase “Islam Politik” pada periode 1996-2005. Kedua fase “Studi Kawasan” tahun 2005-2009. Ketiga fase “Strategi dan Studi Petahanan keamanan” tahun 2009-2011. Keempat fase “Frikatifisasi Ilmu” tahun 211-2018. Dan terakhir fase “Acehnologi” hingga fase “Masa Depan Dunia”.

Pengantar buku ini, diberikan oleh Dr Zulhelmi, seorang dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. Menurutnya, KBA adalah sosok yang dinanti-nantikan oleh Aceh dan diharapkan akan menjadi representasi sekaligus ikon generasi Aceh kontemporer yang memainkan peranan di pentas nasional, bahkan Internasional.

“KBA adalah aset yang sangat berharga bagi Aceh hari ini, karena ia akan membawa nama harum Aceh melalui kekuatan akademik dan daya nalar yang dimilikinya. Gagasan-gagasan besar KBA harus didukung dan dikembangkan oleh para akademisi lain. Ramli Cibro maju satu langkah dalam merekontruksi pemikiran akademisi Aceh,” tulisnya dalam pengantar.

Pada kesempatan terpisah, Masyitah, Manager Bandar Publishing menyebutkan bahwa buku rekontruksi pemikiran KBA telah beredar.

“Buku Rekontruksi Pemikiran KBA ini telah beradar, kami sebagai penerbit membiayai kebutuhan penerbitan dan percetakan pada bulan lalu, sebagai bentuk apresiasi kepada penulis di Aceh,” katanya.

Ramli Cibro menyelesaiakn studi sarjana di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan pascasarjana di UIN Ar-Raniry. Saat ini, menjadi dosen di Subulussalam. Buku ini berjumlah 354 halaman, yang dibagi dalam tiga bagian.[rel]