Deklarasi Terbuka IPMR, Tanda Tangan untuk Kabut Asap Riau

Sumberpost.com – Banda Aceh – Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (IPMR) Aceh mengadakan kegiatan Deklarasi Terbuka dalam bentuk penandatanganan spanduk. Acara bertema Ayo jaga Hutan Indonesia, Demi Indonesia bebas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) digelar di area Car Free Day Banda Aceh, Minggu (22/09/2019).

Acara ini merupakan lanjutan dari programĀ  IPMR untuk membantu masyarakat Riau dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan. Sebelumnya ikatan ini telah melakukan aksi serupa pada Jum’at, 20 September di Simpang Lampriet.

Pengunjung Car Free Day Banda Aceh menandatangani Spanduk Deklarasi Bersama, Minggu (22/9/2019).

Ketua IPMR Aceh, Mahardika Sasmita Aninda  mengatakan, Donasi yang terkumpul akan diserahkan ke Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Riau. Hal ini dengan alasan bahwa pihak LSM akan lebih mengerti daerah mana yang paling membutuhkan bantuan tersebut.

“Hasil penggalangan dana  tadi insyaallah akan disalurkan ke LSM di Pekanbaru pusat,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk edukasi kepada warga Banda Aceh agar menjaga lingkungan, belajar atas musibah asap yang menimpa Riau.

Mahardika juga menyampaikan dan meminta agar pemerintah lebih giat dalam menanggulangi bencana ini. Ia juga berharap pelaku pembakar hutan segera ditindak oleh pihak berwenang.

Seorang mahasiswa asal Riau yang tinggal di Aceh, Arman Ramadhan, mengaku resah dengan musibah asap ini. Anak-anak di sana menghirup asap akibat karhutla. Kondisi udara berbahaya akan memberi dampak buruk sehingga mereka terserang  ISPA.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman  juga ikut berpartisipasi dalam memberikan suaranya dengan menandatangani spanduk. [ ]

Uswatul Farida