Kabut Asap Landa Aceh: Genbi UIN Bagi-bagi Masker Gratis

Sumberpost.com | Banda Aceh- Komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia, Generasi Baru Indonesia (GenBI) komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, adakan aksi bagi masker gratis se-lingkungan kampus tersebut dan di sekitaran Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, Senin (23/9/2019).

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menyelimuti seluruh Aceh sejak Senin pagi. Di Banda Aceh, kabut asap semakin pekat hingga sore tadi.

Ketua Genbi Komsat UIN Ar-Raniry, Fazil Renaldi mengatakan, saat ini Indonesia tidak hanya unggul dalam mengekspor bahan mentah saja, namun juga asap.

“Indonesia sekarang tidak hanya unggul dalam mengekspor bahan mentah saja, tapi juga asap. Sekarang asap dari Indonesia tersebar bahkan hingga ke luar negeri,” katanya.

Mengingat meningkatnya kebutuhan masyarakat akan masker, Fazil dan rekannya berinisiatif melakukan kegiatan bagi-bagi masker ini.

“Kami pikir, kami tidak hanya harus mementingkan IPK untuk bisa dapat beasiswa, tapi kami harus menjadi yang terdepan, peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan peduli terhadap apa yang masyarakat rasakan,” ujarnya.

Menurut Fazil, kegiatan ini sekurangnya dapat mencegah gangguan pernapasan yang disebabkan oleh asap.

Salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Merilinda, yang turut menerima masker gratis ini mengatakan, adanya pembagian masker ini juga sebagai bentuk pengingat untuk masyarakat.

“Kegiatan Genbi bagi-bagi masker ini bagus, agar masyarakat dapat mencegah terserangnya gangguan pernapasan,” katanya.[]