Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta Isi Kuliah Umum di UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dosen Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ida Farida memberikan kuliah umum bagi dosen dan mahasiswa Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jum’at (4/10/2019) di aula fakultas kampus setempat.

Kuliah umum yang mengungsung tema “Tren Perkembangan Open Access Institutional Repository di Perguruan Tinggi” yang di selenggarakan oleh Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry itu dihadiri oleh ratusan mahasiswa, dosen dan para alumni.

Dalam materinya, Dr Ida Farida MLIS mengatakan bahwa banyak pengetahuan yang dihasilkan oleh dosen, mahasiswa, peneliti di Perguruan Tinggi, namun sayangnya karya ilmiah sering tersebar dan tidak terintegrasi dalam satu sistem.

“Ini menjadi salah satu alasan kenapa Open Access Institutional Repository (OAIR) penting di Perguruan Tinggi, karena menurut Jacobs, Thomas and McGregormengatakan bahwa bisnis utama Perguruan Tinggi adalah karya ilmiah civitas akademik dan Perguruan Tinggiharus mengelola aset ini,” kata Ida Farida.

Selain itu, kata Ida manfaat dari Open Access Institutional Repository (OAIR) adalah untuk branding keilmuan perguruan tinggi, sentralisasi karya ilmiah di Perguruan Tinggi dan menyediakan karya ilmiah untuk masyarakat luas.

Dalam kesempatan tersebut, Ida juga mengingatkan mahasiswa khususnya Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-raniry bahwa setiap laporan hasil penelitian mahasiswa wajib diupload ke repository masing masing institusi.

“Berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti, nomor  B/323/B.B1/SE/2019 tentang Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor maka setiap karya ilmiah wajib diupload ke repository masing masing institusi,” kata doktor lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi, MSi dalam arahannya mengingatkan mengenai pentingnya menguasai teknologi informasi pada era revolusi industri 4.0.

“Menguasai teknologi sangat penting, khususnya mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan. Karena banyak sistem dan aplikasi sekarang ini yang ada diperpustakaan seperti repository membutuhkan orang-orang yang mampu menguasai teknologi sehingga mampu mengelola informasi yang dibutuhkan oleh warga kampus,” kata Fauzi saat memberi arahan sekaligus membuka studium general Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Jum’at (4/10) di Aula FAH kampus setempat.

Sebelumnya, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan MLIS menjelaskan bahwa repository institusi menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang yang harus dilakukan oleh perpustakaan dan juga para mahasiswa dan alumni Ilmu Perpustakaan, mengingat perubahan teknologi informasi secara global berpengaruh pada eksistensi perpustakaan sebagai sistem penyebaran informasi.

“Selain kuliah umum, kita juga menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama para dosen dan alumni untuk membahas perkembangan dan implementasi Open Journal System (OJS),” kata Nurhayati. [rilis]