Deklarasi Komunikasi Kebangsaan Kilometer Nol

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) mengadakan Deklarasi Komunikasi Kebangsaan di Titik Kilometer Nol, Sabang, Kamis (14/11/2019).

Kegiatan ini mengangkat tagline From Sabang, For Indonesian, to World Harmony.

Ketua Umum ISKI Indonesia, Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, kegiatan ini melibatkan akademisi, praktisi dan profesional komunikasi untuk turut serta mewujudkan komunikasi yang lebih baik di Indonesia.

“Ini merupakan wujud nyata dari para akademisi, praktisi dan profesional komunikasi yang ingin menjadikan komunikasi sebagai bentuk harmoni kebangsaan,” katanya.

Ia mengatakan, ide pertama pencetusan Deklarasi Komunikasi Kebangsaan ini diawali dengan masalah sosial terkait perbedaan kepentingan dan politik.

“Ada disparitas, ada perbedaan kepentingan baik politik. Ada beberapa titik yang begitu kritis jika disampaikan dan  sebagian masalahnya terkait komunikasi. Penyampaian narasi-narasi tidak saling menguatkan,” katanya.

Dadang menambahkan, komunikasi yang baik, narasi yang baik, khususnya oleh insan-insan komunikasi berguna sebagai bagian dari pemecahan masalah bukan bagian masalah itu sendiri.

Tak hanya diikuti oleh akademisi Indonesia, acara ini juga dihadiri tamu luar negeri seperti dari Thailand, Malaysia dan Perancis.

“Kemarin kita melakukan konferensi internasional. Itu menunjukkan bahwa komunikasi tidak bisa di satu wilayah saja,” tambahnya.

Ini adalah deklarasi komunikasi perdana. Dadang berharap ada manfaat yang dihasilkan dari kegiatan ini. [ ]

Indra Wijaya