Berikut Alur Perubahan Pendaftaran PTN 2020

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan sistem penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020. Dalam hal ini ada beberapa perubahan yang terjadi, di antaranya peserta hanya boleh ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sekali, tidak 2 kali seperti tahun lalu.

Dalam konferensi pers, Senin (25/11/2019),  rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Samsul Rijal  menyampaikan hal terpenting yang harus diketahui oleh calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), UTBK,  dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 yaitu diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO)  yang merupakan tahap awal dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

“Di seleksi tahun ini, setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dan ini harus dimiliki setiap calon peserta untuk mendaftar,” katanya.

Kerangka waktu untuk registrasi akun LTMPT dibagi menjadi dua, yaitu untuk Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan SNMPTN dilaksanakan pada 2 Desember sampai 7 Januari 2020 dan registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada 7 Februari sampai 5 April 2020.

Samsul juga menambahkan, jika di SNMPTN 2020 pemeringkatan siswa pada PDSS di lakukan oleh pihak sekolah. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan ini akan disesuaikan dengan kuota akreditasi sekolah. Bagi sekolah dengan nilai akreditasi A memiliki kuota 40 persen, akreditasi B kuota 25 persen, dan akreditasi C kuota 5 persen.

Dengan banyaknya perubahan di seleksi masuk PTN tahun 2020, Samsul meminta siswa dan sekolah untuk cermat dan teliti dalam mengikuti proses seleksi, baik persyaratan maupun ketentuannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekeliruan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi siswa maupun sekolah.

“Kami meminta calon peserta dan sekolah cermat dan teliti dalam membaca pengumuman dan mengikuti alur seleksi ini,” ujarnya.

Dalam hal ini, untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam hal pendaftaran seleksi masuk PTN, calon peserta wajib memantau dan mengikuti informasi SNMPTN, UTBK, SBMPTN melalui laman resmi LTMPT https://ltmpt.ac.id.[]

Reporter : Saadatul Adabiyah