Ajak Milenial Melek Jurnalistik, Sumberpost Gelar PJTD

Sumberpost.com | Banda Aceh –  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKPM) Sumberpost mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2019 bertema Jurnalisme dari Mata Milenial di Aula Saintek UIN Ar-Raniry, Sabtu (7/12/2019).

Saat membuka acara, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Saifullah mengatakan, ia akan membantu mahasiswa untuk menerbitkan serta mencetak karya tulis yang dihasilkan.

“Kalau kalian ada karya, bisa kasih saya supaya diterbitkan,” katanya.

Ia juga menyeru mahasiswa UIN Ar-Raniry yang hadir agar menggunakan email dengan domain kampus, yaitu @arraniry.ac.id untuk kegiatan surat-menyurat elektronik dalam dan luar kampus.

Ketua Umum Sumberpost, Indra Wijaya mengatakan, pelatihan ini dibuat sebagai upaya meningkatkan kemampuan para milenial terutama pers mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi melalui karya jurnalistik.

“Kita angkat tema seperti ini agar pers mahasiswa punya skill yang baik dalam penyampaian aspirasi,” katanya.

Ketua Panitia, Nur Afni mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan agar peserta mendapat ilmu yang bermanfaat dan berguna serta mengasah skill. Menurutnya, zaman sekarang bukan hanya IPK tinggi yang dibutuhkan mahasiswa, melainkan skill yang lebih.

“Semoga seluruh peserta yang ikut pelatihan, ilmunya dapat berguna,” katanya.

Pelatihan tersebut menghadirkan empat pemateri diantaranya Nova, Video Jurnalis Kompas TV; Fuadi, Wartawan Waspada Aceh; Idrus, Print Maker/Perupa; dan Hotli, Fotografer European Pressphoto Agency.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari 7 hingga 8 Desember 2019 dengan diikuti 57 peserta dari berbagai lembaga pers se-Banda Aceh, umum, anggota magang dan anggota tetap Sumberpost. [ ]

Hasni Hanum (Mag)