FJL Kembali Gelar Kemah Jurnalistik Untuk Pers Kampus

Sumberpost.com | Banda Aceh – Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh bekerjasama dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) menggelar kemah Jurnalistik di objek wisata air terjun Suhom, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, 28-29 Desember 2019.

Kemah Jurnalistik ini digelar untuk Pers Mahasiswa di empat Kabupaten, yaitu Banda Aceh, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Gayo Luwes agar meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan.

Koordinator Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Afifuddin mengatakan, agenda kemping yang dibungkus dengan Kemah Jurnalistik ini bertujuan membentuk karakter jurnalis muda dari pers kampus agar peduli dengan lingkungan.

“Kita buat kegiatan ini agar teman-teman wartawan muda peka terhadap isu lingkungan,” katanya.

Sehingga nantinya dapat memberitakan isu-isu lingkungan.

Selain itu, Kemah Jurnalistik juga merupakan ajang mempromosikan objek wisata daerah.

Kemah Jurnalistik ini juga didukung oleh United States Agency Internasional Development (USAID) dari Rakyat Amerika, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh.

Selama acara Kemah Jurnalistik, peserta dibekali sejumlah ilmu pengatahuan tentang pentingnya melakukan konservasi lingkungan.

Selesai berdiskusi pada malam hari, seluruh peserta diminta untuk berbicara menceritakan pengalamannya selama meliput isu-isu lingkungan atau isu lainnya. Kemudian diberikan arahan oleh sejumlah jurnalis yang selama ini konsen meliput isu lingkungan di Aceh.

Setelah dibekali dengan berbagai ilmu pengatahuan tentang meliput isu lingkungan, peserta kemudian diminta untuk mempraktikkan langsung. Bagi yang berminat bidang fotografi langsung praktik mmemotre, demikian juga video dan juga menulis.

Diharapkan, dengan adanya Kemah Jurnalistik ini semakin banyak orang terlibat dalam melindungi lingkungan.[]

Reporter : Raudhatul Jumala