Stok Masker di Banda Aceh Nyaris Kosong

Sumberpost.com | Banda Aceh – Belakangan ini, masyarakat berbondong-bondong membeli masker sehingga sejumlah apotek di Banda Aceh kehabisan stok. Hal ini berlangsung sejak virus corona atau covid-19 menyerang Indonesia.

Ketua Apoteker Banda Aceh, Yusrizal mengatakan, apoteknya sudah melakukan pemesanan kepada distributor, tetapi tidak ada stok masker tersedia.

“Jadi kita sudah melakukan pemesanan kepada distributor dan memang dari distributornya sendiri yang memang tidak ada barang,” jelasnya saat ditemui pada Senin 16 Maret lalu.

Yusrizal melanjutkan, berhubung ini merupakan kejadian yang tidak disangka – sangka, maka tak ada persiapan yang ia lakukan. Apoteknya sudah kekosongan masker sejak pemberitaan covid-19 beredar.

Sementara itu, terkait kelangkaan masker di Banda Aceh, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif mengatakan, pihaknya sedang mengusahakan panambahan masker.

“Kita lagi mengusahakan penambahan masker,” jelasnya.

Hanif menambahkan, stok yang tersedia saat ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sarana kesehatan.

“Stok saat ini hanya untuk memenuhi kebutuhan sarana kesehatan, itu pun hanya bagi petugas yang memberikan pelayanan langsung, kita belum bisa membagikannya kepada masyarakat,” ujarnya, Jumat (20/3/2020).

Bukan hanya masker saat ini handsanitizer juga menjadi barang langka di Banda Aceh. [ ]

Uswatul Farida