Meski Langkah Sebatas Teras

Beberapa waktu lalu, kurang ingat kapan tepatnya. Entah saat matahari bangkit dari peraduan atau justru saat berada di ujung senja dan mulai tenggelam. Direktur jendral atau akrab disebut rektor mengabarkan melalui surat edaran, berupa himbauan agar sementara waktu tetap berada di rumah. Hingga melakukan peralihan perkuliahan secara daring.

Meski kini akhirnya pemerintah telah menerapkan sistem new normal, bukan berarti masyarakat dapat kembali bebas melakukan banyak hal di luar rumah. Berpergian baiknya dilakukan hanya untuk hal-hal darurat atau benar-benar penting. Bukan hangout atau bahkan sampai liburan. 

Penulis sekaligus fotografer yang memilih untuk tidak mudik kemudian mengabadikan kegiatan rekannya selama pandemi di indekos, di kawasan Kampung Cadek, Aceh Besar, Aceh, Selasa (7/7/2020).

Beberapa hal dapat dilakukan dari dalam rumah agar tidak bosan dan tetap kreatif meskipun langkah sebatas teras.

Mari bersama membantu pemerintah melawan corona, dengan mengurangi kegiatan di luar rumah.

Semoga bumi pertiwi lekas pulih sehingga dapat kembali menghirup udara tanpa harus menutup wajah dengan masker, menyeruput kopi tanpa harus peduli spasi, juga berkelana tanpa harus resah akan corona.

Penulis dan Fotografer : Rianza Alfandi
Editor : Cut Salma H.A