Bisnis Online, Andalan Mahasiswa

Sumberpost.com | Mahasiswa pasti pernah berkeinginan untuk mempunyai penghasilan sebagai dari uang kiriman orang tua. Sebagian dari mereka mendapat beasiswa baik dari prestasi atau apapun itu, sehingga akan mengurangi sedikit beban. Selain itu, berbisnis menjadi jalan seorang mahasiswa mendapat tambahan uang saku.

Mereka pasti tidak ingin mendapatkan penghasilan atau menambah uang jajan melalui kerja berat, tentunya akan menyita waktu dan pikiran sehingga mengganggu aktivitas perkuliahan.

Oleh karena itu, perlu bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan segala aktivitas dan kesibukannya. Nah, bisnis online bisa menjadi andalan.

Bisnis online kini merebak di kalangan mahasiswa karena pekerjaan tersebut hanya dilakukan melalui smartphone. Mendapat tambahan uang, namun tetap tidak mengganggu aktivitas akademik. Cukup memanfaatkan waktu luang di sela-sela kesibukan perkuliahan untuk mendapat pundi-pundi yang cukup menjanjikan.

Tidak melulu online shop, bisnis online bisa terdiri dari fotografer/videografer, design grafis, penerjemah, influencer, blogger, youtuber, dan masih banyak lagi.

Salah satu mahasiswa UIN Ar-Raniry, Syarifah Syifa yang melakukan bisnis online mengatakan, bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar dan dapat dilakukan di waktu senggang.

“Ini salah satu sumber ekonomi yang tidak memerlukan modal besar,” katanya saat dihubungi via WhatsApp (Selasa, 7/7/2020).

Mahasiswa UNPAB, Mahdalena mengatakan, pekerjaan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tambahan, sebab yang dibutuhkan hanya kuota internet dan sisanya adalah keuntungan.

“Tentu bisa memenuhi kebutuhan, karena hanya membutuhkan kuota internet dan mendapat keuntungan dari hasil yang sudah terjual,” jelasnya.

Selain itu, mahasiswa Unimal Melly Yanti berpesan, dalam menjalani bisnis online harus senantiasa semangat, pantang menyerah, berusaha, berdoa dan jujur.

“Semangat tidak mudah menyerah, berdoa dan berusaha, rezeki tidak akan kemana. Tetap jujur dan tidak berbohong tentang produk yang dijual, insyaallah berhasil sukses dan berkah,” ujarnya.

Apalagi dalam situasi seperti ini, mereka beranggapan bahwa tidak memungkinkan untuk keluar dan mempromosikannya dalam jarak jauh. Walaupun sudah new normal, banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Melly juga berharap semoga bisnis online dapat berjalan lancar dan menghasilkan penghasilan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain yang membutuhkan.

“Harapannya agar konsumen puas dengan hasilnya, semoga berkah,” katanya. []

Reporter : Hasni Hanum

Editor : Cut Della Razaqna