Ratusan Santri Pesantren Raudhatul Mubarakah Terima Pembekalan Pemilahan Sampah

Sumberpost.com | Meulaboh – Komunitas Gerakan Peduli Lingkungan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Dosen FKM Universitas Teuku Umar melakukan sosialisasi di salah satu Pesantren di Aceh Barat bernama Pesantren Raudhatul Mubarakah, Selasa (14/7/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para santri untuk bisa memanfaatkan sampah yang dihasilkan agar bisa bermanfaat.

Sebelum sosialisasi dilakukan, Komunitas Gerakan Peduli Lingkungan sudah melakukan survei terlebih dahulu sejak tiga minggu sebelumnya. Hasilnya sampah sudah sangat menumpuk dan harus diangkat oleh Dinas Lingkungan hidup Aceh Barat.

Ketua Gerakan Peduli Lingkungan (GPL), Fajar Oza Pratama mengatakan, setelah dilakukan survei maka langsung berinisiatif untuk melakukan sosialisasi tentang metode pemanfaatan sampah. Metode yang diajarkan yaitu Ecobrik, Eco-Enzim, Pengomposan dan Pemilahan Sampah. Selain itu, mereka juga diberikan pemahaman untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai dan botol kemasan.

Para santri sangat antusias dan senang karena sebelumnya mereka belum pernah mendapat sosialisasi tentang lingkungan. Dalam kegiatan ini dipilih 2 orang ketua kelompok yang mewakili santri laki-laki dan perempuan.

Dalam acara ini, turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Barat, Mulyadi, untuk memberikan arahan, dukungan dan siap membantu menyediakan barang barang yang dibutuhkan seperti tong sampah. Ia juga sangat mengapresiasi semangat para santri.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar, Arfah Husna juga memberikan pemahaman kepada para santri agar memanfaatkan sampah plastik untuk mengurangi penumpukan sampah.

Di akhir kegiatan, para santri yang mampu merangkum materi, diberikan reward berupa tumbler. Kemudian dilakukan penyerahan Tong Sampah Organik dan Anorganik dari Dinas Lingkungan Hidup Aceh Barat untuk pesantren dimaksud. [rel]