Tingkatkan Pengetahuan Wirausaha, FEB Unimal adakan Pelatihan Bisnis Digital

Sumberpost.com | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh menghimpun para usahawan dan calon wirausahawan muda Kota Lhokseumawe untuk meningkatkan pengetahuan berwirausaha melalui pelatihan Digital Business.

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh yang dilaksanakan di Aula Wisma Kuta Karang, Lhokseumawe Sabtu (28/11/2020).

Ketua pelaksana kegiatan Falahuddin, dalam pelatihan tersebut menyampaikan, Dalam masa pandemi saat ini, terlihat banyak bermunculan pelaku-pelaku usaha baru dengan mengusung konsep usaha yang kreatif, baik dari sisi produk maupun strategi pemasaran, khususnya di Kota Lhokseumawe. Sebagian besar para pelaku usaha tersebut adalah kaum muda yang memiliki semangat dan ide kreatif.

“Fenomena yang muda yang berbisnis ini, harus disampaikan kepada para pemuda yang memiliki keinginan untuk memulai usaha agar mereka memiliki motivasi yang lebih besar untuk mewujudkan keinginan tersebut. Namun, mereka juga perlu dibekali dengan pengetahuan menjalankan usaha salah satunya melalui pelatihan dimana mereka akan mendapatkan pengetahuan praktis dan pengalaman dari pelaku usaha,” tambahnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari kota Lhokseumawe dan beberapa mahasiswa FEB Unimal yang tertarik untuk memulai usaha baru serta mengembangkan usaha yang telah mereka geluti.

Berbeda dengan pelatihan yang diadakan sebelum adanya Covid-19, pelatihan kali ini hanya dibatasi sebanyak 25 peserta. Hal ini dilakukan dengan tujuan mentaati protokol kesehatan dimasa pandemi yaitu dengan membatasi jarak dan menyesuaikan dengan luas ruang pelatihan.

Pada kegiatan ini, panitia juga merangkul Developer Aplikasi E-Commerce “UKM Connection”. UKMConnection.com adalah salah satu platform perdagangan retail online yang bertujuan untuk membantu para UMKM lokal yang telah memulai usaha dan memiliki produk dalam memasarkan produk mereka secara daring, sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Antusiasme peserta juga terlihat tinggi selama pelaksanaan pelatihan. Mereka sangat tertarik dengan perancangan aplikasi penjualan online yang dipaparkan oleh Bapak Kusnandar Zainuddin, selaku developer piranti lunak tersebut.

Muhammad Riski, salah satu usahawan muda yang bergerak dibidang Fashion sangat tertarik dengan aplikasi ini, karena UKMConnection.com akan ada opsi pengiriman dengan menggunakan jasa kurir pengiriman lokal dalam kota dan antar kota di Aceh, yang pastinya akan menghemat biaya dan waktu dalam pengiriman.

Setelah mengarungi UKMConnection.com, Mulyani, mahasiswi FEB Unimal, berharap agar web e-commerce ini tersedia dalam bentuk aplikasi android agar lebih mudah lagi untuk diakses dan mendapatkan info promosi dan penjualan.

“Kami berharap pelatihan ini akan memotivasi para generasi muda untuk semakin berani memulai sebuah usaha serta memiliki kapasitas yang memadai. Kegiatan pengabdian ini akan terus kami lakukan pada masa yang akan datang baik dengan pola pelatihan dan juga pendampingan para pelaku usaha kecil dan mikro”, ungkap Fuadi anggota tim pelaksana. [rel]