Pemerintah Bakal Berikan Tanah untuk UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Staf khusus dan juga Jubir Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), T. Taufiqulhadi mengatakan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh bakal menerima ratusan hektar lahan baru yang diperuntukkan untuk pengelolaan kampus.

Diperkirakan, lahan yang akan diberikan tersebut mencapai 300 hingga 500 hektare.

“Luas itu antara 300 sampai 500 hektare. Juga secara pasti kita serahkan kepada Menteri Kehutanan,” katanya saat ditemui di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Sabtu (5/12/2020).

Ia menyebutkan, lahan tersebut diberikan oleh Kementerian Kehutanan Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian ATR/BPN.

Dengan hadirnya tanah tersebut, Taufiqulhadi berharap dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengembangan pendidikan bagi kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Baik digunakan untuk membangun gedung fakultas baru, untuk lahan praktek mahasiswa dan sebagainya.

Lanjutnya, Menteri Kehutanan juga akan melepaskan lahan yang diperuntukkan sebagai lahan hutan dengan pengembangan khusus.

“Secara umum, saya ingin mangatakan bahwa Menteri Kehutanan menyetujui, seperti yang sudah diusulkan,” ujarnya.

Di samping itu, Taufiqulhadi menjelaskan, hal tersebut dilakukan untuk mempermudah perencanaan ke depan bagi lembaga pendidikan itu sendiri. Tanpa bersangkutan dengan kasus klaim lahan antara Unsyiah dan UIN Ar-Raniry.

“Sekarang UIN hanya mempunyai sekitar 33 hektare lahan, dengan adanya lahan baru yang luas, sangat memungkinkan untuk UIN Ar-Raniry menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia,” katanya.[]

Reporter : Rianza Alfandi
Editor : Cut Salma H.A