Awali Karier Kepenulisan bersama Nulisbarengrobi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.

Menulis juga mempunyai manfaat seperti meredakan stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat dan masih banyak lagi. Untuk mengasah kepiawaian seorang penulis, biasanya dilakukan dengan rajin menulis setiap hari atau mengikuti forum komunitas penulis. Forum seperti ini biasanya berisi orang-orang yang sangat concern dengan dunia tulis-menulis, mulai dari yang amatir hingga mereka yang memiliki jam terbang menulis yang cukup tinggi.

Nulisbarengrobi adalah salah satu forum penulisan yang dirintis oleh alumni Universitas Padjadjaran (UNPAD) bernama Roby Afrizan, dahulunya beliau berpikir bagaimana meningkatkan literasi milenial saat ini serta ingin membuat semua orang bisa menulis. Dari sanalah ia mencoba untuk mengembangkan forum nulisbarengrobi.

Hingga saat ini banyak karyanya yang telah terjual di gramedia dan toko-toko buku lainnya. Forum nulisbarengrobi ini sudah mencapai batch 30. Sekarang Roby sudah memiliki percetakan sendiri bernama Penerbit Khaira, yang mempermudah Roby mencetak buku-bukunya dan tentu sudah ber – ISBN. Selain percetakan, Roby juga mempunyai toko buku sendiri yaitu Sarugobook.

Widiasari, salah satu mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) yang bergabung dengan forum nulisbarengrobi mengatakan sudah mengikuti forum ini sebanyak dua kali.

“Sudah ikut serta dua kali yaitu di batch 12 dan 30,” katanya.

Widia juga mengatakan dalam pembelajarannya langsung dibimbing oleh Roby sendiri dan setiap peserta mendapat kesempatan berdiskusi terkait tulisan.

“Langsung di bimbing oleh kak Roby dan tiap peserta berkesempatan berdiskusi tentang tulisan kedepannya,” jelasnya.

Forum ini berjalan kurang lebih sebulan untuk belajar, tahap penerbitan dan percetakan.

Kini, Widia sudah menyelesaikan buku antologi ke-3 bersama penulis hebat lainnya yang akan coming soon.

“Buku ini ditulis oleh penulis-penulis hebat baik dalam maupun luar negeri yang telah bergabung bersama forum ini,” ujarnya.

Setiap kata memiliki makna dan setiap tulisan punya kisahnya. Minimal satu karya sebelum meninggal dunia.

Buku yang berjudul “Tenanglah Kamu Pasti Bisa Melewati Ini Semua”, adalah hasil karya Widia bersama teman-teman project @nulisbarengrobi yang langsung dibimbing oleh mentor @robiafrizan1 .

Buku yang akan selesai di cetak bulan Januari itu berisi tentang motivasi dan cerita inspirasi, dibanderol dengan harga 95 ribu, namun karena sedang ada promo, harga menjadi 75 ribu.

Buku tersebut tidak akan tersedia di toko buku manapun sebab dicetak spesial dan eksklusif, karena hanya dijual besar-besaran selama pre order. Penasaran dengan dengan isinya? Ayo di order dengan cara DM ke Instagram @wdsari16. []

Reporter : Hasni Hanum