Wisuda Semester Ganjil UIN Ar-Raniry Secara Luring dan Daring

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar wisuda pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 secara luring (offline) dan daring (online) di Gedung Auditorium Prof.Ali Hasjmy Kopelma Darussalam Banda Aceh.

Adapun wisuda daring dilakukan melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal Youtube Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada 23-25 Februari 2021.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, wisuda merupakan bentuk silaturahmi, pertemuan dan pengalaman untuk membangun harapan yang lebih baik.

“Acara wisuda ini, dalam satu titik pandang dapat diapresiasikan sebagai suatu momentum silaturahmi, temu pengalaman, dan pertemuan untuk membangun harapan masa depan yang lebih baik,” katanya, Kamis (25/2/2020).

Muhammad Ali Ramdhani juga berharap, agar acara wisuda ini dapat menjadi motivasi bagi para wisudawan dan siapapun secara umum untuk meningkatkan integritas dan kapasitas diri.

“Saya berharap silaturahmi ini dapat memberikan makna dan motivasi khususunya untuk wisudawan, umumnya pada kita semua untuk senantiasa memiliki komitmen dalam meningkatkan integritas dan kapasitas diri serta meluaskan lapangan pengabdian yg berlandaskan iman, ilmu, amal sholeh dan akhlakul karimah, dimanapun ruang eksistensi kita berada,” ujarnya

Selanjutnya, Wakil rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Gunawan Adnan, menyampaikan laporan hasil studi semester ganjil tahun akademik 2020/2021.

“Adapun telah menghasilkan lulusan yaitu peserta daring 133 orang, luring 1.242 orang dan yang tidak mendaftar 108 orang,” katanya

Gunawan juga mengatakan, Program Pascasarjana mengahasilkan 9 orang dokter dan 111 orang magister.

Program sarjana dari berbagai Fakultas menghasilkan 1.308 lulusan dengan rincian sebagai berikut:

1. Fakultas Syariat dan Hukum 225 orang

2. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 489 orang

3. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 61 orang

4. Fakultas Dakwah dan Komunikasi 123 orang

5. Fakultas Adab dan Humaniora 93 orang

6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 164 orang

7. Fakultas Sains dan Teknologi 75 orang

8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 48 orang

9. Fakultas Psikologi 30 orang

Maka jumlah alumni sampai saat ini berjumlah, 4501 orang lulusan. []

Reporter: Hasni Hanum

Editor: Saadatul Abadiah