UMPTKIN 2021 Berbasis SSE, Begini Reaksi Peserta

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional (UMPTKIN) tahun 2021 berlangsung serentak secara nasional pada tanggal 24-27 Mei 2021.

UM-PTKIN merupakan seleksi nasional seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem terpadu.

Di tahun 2021 ini, proses seleksi digelar secara Sistem Secara Elektronik (SSE) sebab masih dalam masa pandemi covid-19.

Karena metode ujian yang menggunakan aplikasi, jadi setiap peserta harus mendownload aplikasi ujian SSE UMPTKIN 2021 terlebih dahulu baik di android maupun laptop/komputer.

Fasilitas yang akan digunakan peserta saat mengikuti ujian antara lain, laptop atau ponsel android dengan spesifikasi standar, jaringan internet dengan provider yang baik sesuai dengan lokasi masing-masing.

Tentu hal ini menimbulkan berbagai reaksi yang berbeda-beda dari para peserta yang telah mengikuti tes tersebut, mengingat tidak semua mendapatkan fasilitas serta jaringan yang memadai di setiap daerahnya masing-masing.

Andika misalnya, salah satu peserta UMPTKIN mengatakan, ujian SSE ini kurang memuaskan akibat keterbatasan jaringan.

“Keterbatasan jaringan menghambat proses ujian, karena ada mahasiswa yang tinggal di perkampungan,” katanya.

Peserta lainnya, Farhan juga menjelaskan jika ujian berbasis SSE ini kurang efektif.

“Kurang efektif, karena pasti banyak yang menyontek akibat tidak adanya pengawasan langsung dari pihak tertentu,” katanya.

Sebelumnya, pada tanggal 17 hingga 19 Mei lalu, Panitia lokal UIN Ar-Raniry sudah melaksanakan simulasi ujian berbasis SSE. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kegagalan dalam ujian dikarenakan jumlah peserta yang mencapai ribuan.

Meskipun ada yang kontra, tentu tetap ada yang pro dengan seleksi seperti ini. Aulia Rahman misalnya, iya mengaku seleksi dengan metode SSE lebih mudah dan hemat.

“Ujian dari rumah sangat mempermudah kami, karena tak perlu repot-repot kesana dan bisa menghemat biaya,” katanya.

Pengumuman hasil UMPTKIN akan diumumkan pada 17 Juni 2021. []

Reporter: Hasni Hanum