UIN Ar-Raniry Buka Peluang Magang ke Jepang

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh membuka peluang magang ke luar negeri yaitu negara Jepang. Program magang ini akan diajukan kepada perusahaan serta universitas yang berada di negara sakura tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor 3, Saifullah Putra menjelaskan jika hal ini sudah didiskusikan sebelumnya.

“Terkait dengan magang di Jepang, ini sudah kita bicarakan, ada dengan universitas dan ada juga dengan perusahaan-perusahaan di Jepang. Tinggal mengatur teknis serta aturan main agar para mahasiswa tidak kebingungan nantinya,” jelasnya, Jumat (25/6/2021).

Program magang ini akan disusun langsung oleh fakultas masing-masing karena akan disesuaikan dengan program studi dari perwakilan mahasiswa yang akan ikut magang. Mahasiswa yang terpilih nanti diharapkan akan bisa mengikuti magang sekaligus Kuliah Pengembangan Masyarakat (KPM) di universitas atau perusahaan yang berada di Jepang tersebut.

Untuk waktu magang akan dilakukan selama dua hingga tiga bulan serta ditambah lagi dengan KPM selama dua hingga tiga bulan.

Saifullah juga menjelaskan jika peluang magang ini juga terbuka bagi seluruh fakultas yang ada di UIN Ar-Raniry.

“Semua fakultas bisa, kalau tidak bisa di bidang teknologinya, juga ada bidang hukum, jadi tidak tergantung pada fakultas-fakultas yang ilmu eksakta saja,” ujarnya.

Kepada mahasiswa yang berminat mengikuti program magang ini diwajibkan untuk bisa menggunakan bahasa Jepang, sekurang-kurangnya bahasa yang biasa digunakan masyarakat umum di Jepang.

Saifullah juga berharap jika program ini bisa terealisasikan secepatnya, karena Jepang masih membuka peluang. Jadi diharapkan kepada para mahasiswa agar tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.[]

Reporter : Uswatul Farida