Menuju Prodi A Unggul 2025 Mendatang, S2 KPI UIN Ar-Raniry Adakan Workshop RPS

Sumberpost.com | Banda Aceh- Program Studi S2 Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Workshop Telaah dan Penyesuaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) tahun akademik 2021/2022. Kegiatan ini digelar selama tiga hari, 28-30 Juni 2021 di Aula Prodi Kampus Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua Prodi S2 KPI Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Abdul Rani Usman, mengatakan, RPS tersebut merupakan dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan, untuk mencapai pembelajaran yang telah ditetapkan.

“RPS ini merupakan sebuah kebutuhan dalam proses pembelajaran yang harus dikembangkan dan tidak boleh berhenti,” ujarnya. Senin, (28/6/2021).

Panduan akademik tersebut disesuaikan dengan perkembangan dunia global dalam membangun perkembangan akademik, untuk itu tim akan memasukkan beberapa materi terkait dengan isu global.

Selain itu, kata Abdul Rani, dalam RPS Prodi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry juga memasukkan materi nasionalisme, seperti wawasan kebangsaan, pemahaman anti korupsi dan moderasi beragama.

“Selanjutnya, RPS Prodi KPI juga memasukkan muatan lokal, antara lain penguatan dakwah dan syariat serta kekhususan yang dimiliki Provinsi Aceh. Juga berbagai hal lain sesuai dengan standar prodi KPI secara nasional,” kata Rani.

Abdul Rani menegaskan, persiapan RPS ini tidak mesti dilakukan saat diperlukan, namun ini harus dilakukan setiap ada kesempatan dan perkembangan kurikulum, sehingga kapan dibutuhkan prodi sudah siap.

Telaah RPS ini juga sebagai langkah dalam rangka persiapan menuju prodi A unggul pada tahun 2025 mendatang, serta sebagai cikal bakal dalam rangka melahirkan prodi S3 Komunikasi di Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Dalam kesempatan itu, Ketua Prodi S2 KPI, Abdul Rani Usman, juga mengatakatan, bahwa Pascasarjana UIN Ar-Raniry telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk Pascasarjana.

“Pascasarjana UIN Ar-Raniry telah membuka pendaftaran calon mahasiswa dan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya pada Prodi S2 KPI dapat mendaftar melalui http://pendaftaran-pps.ar-raniry.ac.id/,” tegas Rani.

Dikatakan, pendaftaran dilakukan secara online melalui link dan telah dibuka sejak 24 Mei s.d 9 Juli 2021 mendatang, terkait tes direncanakan akan dilaksanakan pada 13 s.d 14 Juli. Dan melalui link tersebut peserta dapat mengisi biodata serta mengupload berkas yang dibutuhkan, seperti ijazah, transkrip nilai, pasfoto, KTP, KK serta proposal tesis tentatif.

Informasi lebih lanjut dapat diakses pada pengumuman Website Pascasarjana UIN Ar-Raniry, klik https://bit.ly/DaftarPacaUinar2021

Sementara itu, Sekretaris Prodi S2 KPI UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Azman, dalam laporannya menyebutkan, workshop tersebut diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari para dosen sesuai dengan kepakarannya.

“Kegiatan ini diikuti oleh para pakar, antara lain bidang Komunikasi Islam, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Massa dan Media Baru, Komunikasi Bisnis dan Pariwisata, Psikologi Komunikasi, Komunikasi Sosial, Tafsir Komunikasi, Filsafat Ilmu, Studi Keislaman, dan Praktisi Media,” pungkasnya. [Rel]