UIN Ar-Raniry Luluskan 1882 Wisudawan Secara Daring dan Luring

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry wisudakan Doktor, Magister, dan Sarjana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 secara dalam jaringan (daring) melalui Zoom meeting dan luar jaringan (luring), berbeda dari tahun sebelumnya, acara wisuda kali ini diadakan di Aula Gedung Kampus Abulyatama, Lampoh Keude, Aceh Besar, Rabu (27/10/2021).

Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin, dalam sambutannya mengatakan, dengan banyaknya orang yang telah wisuda terutama di bidang doktor, yang berjumlah 48 orang, menjadi bukti bahwa pendidikan masih dan terus berjalan meskipun di tengah pandemi, semakin hebat, bermutu dan berada di garda terdepan.

“Sebanyak 48 doktor yang wisuda, menjadi sebuah bukti bahwa di era pandemi, pendidikan masih terus berjalan dan membuktikan UIN Ar-Raniry yang semakin hebat, bermutu dan berada di garda terdepan,” kata Warul.

Menurutnya, setelah ini para wisudawan harus memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, karena sebentar lagi akan meninggalkan kampus dan menuju ke dunia nyata yaitu pekerjaan yang penuh tantangan, dan akan diuji oleh zaman, kreativitas, kegigihan, keuletan dan kejujuranlah yang akan dibutuhkan.

“Sebentar lagi kalian akan meninggalkan kampus dan menuju dunia nyata, di situlah Anda akan diuji oleh zaman, kreativitas, kegigihan, keuletan, dan kejujuran Anda sangat dibutuhkan,” katanya.

Disamping itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan, dalam laporannya mengatakan, pada rapat senat terbuka wisuda doktor, magister dan sarjana semester genap TA 2020/2021 telah meluluskan 1882 lulusan yang terdiri dari 48 orang doktor, 132 orang magister dan 1711 orang sarjana.

“UIN Ar-Raniry telah berhasil meluluskan sebanyak 48 orang doktor, 132 orang magister dan 1711 orang sarjana,” jelasnya.

Program sarjana dengan jumlah wisudawan dari masing-masing fakultas terdiri atas 288 orang lulusan Fakultas Syari’ah dan Hukum, 603 orang lulusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 94 orang lulusan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, 145 orang lulusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 117 orang lulusan Fakultas Adab dan Humaniora, 254 orang lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 99 orang Fakultas Sains dan Teknologi, 51 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan, dan sebanyak 60 orang lulusan Fakultas Psikologi.

Gunawan menambahkan, dengan bertambahnya 48 orang doktor, 132 orang magister dan 1711 orang sarjana, maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry sampai saat ini sebanyak 46892 orang. Serta lulusan dengan predikat cumlaude 357 orang, pujian 435 orang, sangat baik 968 dan predikat baik 131 orang.

“Lulusan yang lulus dengan predikat cumlaude sebanyak 357 orang, 435 orang dengan predikat pujian, 968 predikat sangat baik dan sebanyak 131 orang lulus predikat baik,” katanya.

Wisuda kali ini, Rektor UIN Ar-Raniry memberikan penghargaan ‘Bungong Jaro’ kepada 49 lulusan terbaik dari perwakilan masing-masing Program Studi. []

Reporter : Hasni Hanum