Outing Class, Inovasi Belajar Untuk Sekolah Alam AINS

Sumberpost.com | Banda Aceh – Saat ini guru dan dunia pendidikan Indonesia gencar mengembangkan konsep ‘Back to Nature’ atau kembali ke alam, tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan di tengah kemajuan teknologi yang serba instan.

Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa, guru dan lingkungan sekitar adalah metode outing class.

Outing Class untuk sekolah merupakan salah satu program pembelajaran yg bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa.

Salah satu sekolah yang menerapkan outing class ini yaitu Aceh Islamic Nature School (AINS). Hal ini untuk mengetahui tentang organ dalam tubuh burung merpati, yang diadakan laboratorium PBL FTK UIN Ar-Raniry, Rabu (17/11/2021).

Salah satu fasil sekolah AINS, Sri Wahyuni mengungkapkan, outing class ini dilakukan tiap bulan sekali, dimana dalam setahun ada 4 tema, dan dalam satu tema akan melakukan outing dua kali.

“Outing class dilakukan setiap satu bulan sekali. Kebetulan di sekolah ini dalam satu tahun itu ada 4 tema, dalam satu tema kami akan melakukan outing 2 kali,” katanya.

Sri menambahkan, hal ini bertujuan agar anak-anak mengerti dan memahami secara langsung apa tentang merpati dari morfologi (bagian luar tubuh hewan) dan anatomi (bagian dalam tubuh hewan)

“Agar anak anak mengerti dan memahami secara langsung apa saja bagian morfologi dan anatomi dari merpati,” ujarnya.

Sementara itu, Althaf, salah seorang siswa AINS yang mengikuti kegiatan ini, mengatakan sangat senang sekali dengan diadakannya outing class, karena membuat ia menjadi tahu apa-apa saja organ dalam tubuh merpati, walaupun di awal-awal sedikit takut.

“Sedikit takut waktu pertama lihat proses pembedahan, tapi senang sekali, kami jadi tau bagaimana organ dalam tubuh merpati,” ujarnya. [Rel]