HIMAHUKA FSH UIN Ar-Raniry gelar Talk show Nasional

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Hukum Keluarga (HIMAHUKA) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar kegiatan “KOLABORASI TALKSHOW NASIONAL” dengan tema “Strategi Membangun Keluarga SAMARA di Era Milenial”. Kegiatan yang digagas oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini dilaksanakan secara daring dan berkolaborasi dengan 4 kampus lainnya di Indonesia, diantaranya: UIN Sumatera Utara, UIN Sultan Syarif Kasim (SUSKA) Riau, UIN Datokarama Palu, dan IAIN Bone (Senin, 3/1/2022).

Talk show Kolaborasi Hukum Keluarga Nasional ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya membangun semangat kolaborasi sesama mahasiswa hukum keluarga yang ada di Indonesia, juga sekaligus menjadi forum yang sangat bermanfaat serta berdampak positif untuk memberikan ilmu baru dan pemahaman baru bagi kaum milenial di masa sekarang.

Kegiatan ini turut menghadirkan Kepala Program Studi (Kaprodi) Pascasarjana Hukum Keluarga UIN Ar-Raniry, Agustin Hanafi, Kaprodi S3 UIN SUSKA Riau, Jumni Nelly, Dosen prodi HK UIN Datokrama, Mayyadah, dan Kaprodi HKI UIN Sumatera, Utara Nurul Huda Prasetya.

Dalam kesempatan ini para pemateri menyampaikan berbagai topik yang menarik, mulai dari persoalan persiapan memasuki kehidupan pernikahan, fenomena, relasi kuasa dalam berumah tangga hingga prinsip dan kiat-kiat mewujudkan keluarga sakinah, mawadah, warahmah di era milenial.

Talk show dipandu oleh Moderator Nadya Faizal, yang merupakan dosen Prodi Hukum Keluarga Islam IAIN Bone. Bukan hanya itu, dalam talk show juga menghadirkan Fakhrurrazi M.Yunus yang merupakan ketua Prodi Hukum Keluarga UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai Keynote Speaker.

Dalam talk show ini dihadiri 200 orang peserta yang juga membahas angka perceraian rumah tangga yang terus meningkat dan menjawab kekhawatarian kaum milenial mengenai perpecahan rumah tangga bagi pasangan muda yang baru atau yang akan menjalani pernikahan.

Dr. Mayyadah menyampaikan, bahwa fenomena yang terjadi zaman sekarang adalah banyak pasangan muda yang selama ini mengikuti trend tanpa memikirkan tujuan dari sebuah pernikahan. Oleh karenanya, para pakar dalam talkshow ini berpesan kepada kaum milenial agar mempersiapkan strategi membangun rumah tangga sejak dini agar menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah di masa yang akan datang.

Ketua HIMAKUHA, Al Fattah berharap, acara ini dapat memperkuat silaturahmi antara keseluruhan mahasiswa Himpunan Hukum keluarga agar semakin solid dan terjaga dengan baik dan semoga kedepannya dapat dilaksanakan tidak hanya di ranah Nasional namun di ranah Internasional. [Rel]