HMP-KESOS Gelar Kuliah Umum dan Orientasi Prodi Bagi Mahasiswa Baru

Sumberpost.com l Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial (HMP-KESOS) menggelar Kuliah Umum dan Orientasi Prodi Pengentasan Kemiskinan di Aceh dan Peran Kemitraan dengan Perguruan Tinggi. Kuliah Umum dan Orientasi Prodi ini diadakan di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu (16/2/2022). Turut menghadirkan Kepala BAPPEDA Aceh H.T Ahmad Dadek dan Guru Besar UIN Ar-Raniry Prof. Eka Srimulyani sebagai pemateri dalam acara tersebut.

Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial, Sa’i menyampaikan, prodi Kesos merupakan prodi termuda di UIN Ar-Raniry dibandingkan dengan prodi lainnya. Namun telah terakreditasi dan akan segara memiliki alumni.

“Prodi Kesos prodi termuda di UIN Ar-Raniry dan termuda dari 32 prodi kesos di Indonesia. Walaupun prodi termuda di UIN Ar-Raniry Alhamdulillah sudah terakreditasi dan Insya Allah semester depan sudah ada alumni prodi Kesejahteraan Sosial,” ucapnya.

Sa’i juga menambahkan, jangan minder karena memilih jurusan Kesejahteraan Sosial, karena bisa saja jurusan Kesos memiliki peluang kerja yang lebih menjanjikan.

“Jangan minder telah memilih jurusan Kesejahteraan Sosial, walaupun tidak bergengsi seperti Sarjana Bahasa Inggris, Ekonomi, dan Hukum, akan tetapi prodi Kesejahteraan Sosial lebih menjanjikan setelah tamat dibandingkan dengan prodi lainnya,” tegasnya.

Di sisi lain, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Fakhri Yusuf menyampaikan, tahun 2001 pernah menjalin kerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Aceh yang dipimpin oleh T. Iskandar Daud. Kehadiran Kepala BAPPEDA hari ini bertujuan agar dapat bermitra kedepan untuk bisa bersinerji dan berkolaborasi dalam rangka memamajukan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry.

“Dalam bulan maret ini kami akan mengundang Kepala Bupati Bener Meriah sekaligus Kepala BAPPEDA Bener Meriah, Khairul Ahsan. Dalam bulan maret ini juga kita akan menandatangani kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Bener Meriah. Dan lagi, kita ada niat ingin mengadakan pesantren kilat pada bulan ramadan mendatang untuk mengantisipasi bahaya narkoba,” pungkasnya.

Ketua Umum HMP-KESOS, Aldi Ferdian mengatakan, lembaga mahasiswa memiliki tanggungjawab dan tugas dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa yang relevan dengan keilmuan prodi Kesejahteraan Sosial, serta berharap agar menjadi bekal mahasiswa untuk kuliah semester genap kali ini.

“Lembaga mahasiswa memiliki tanggung jawab dan tugas dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa yang relevan dengan keilmuan prodi Kesejahteraan Sosial, kegiatan ini diharapkan menjadi bekal mahasiswa untuk kuliah semester genap kali ini,” pungkasnya. []

Reporter : Ziyad Aqil
Editor : Nurul Hidayah