Tips dan Strategi Belajar Efektif Jelang Tes UMPTKIN, Camaba Wajib Tahu Ini

Sumberpost.com | Banda Aceh – UM-PTKIN merupakan singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, seperti IAIN, UIN, dan STAIN. UMPTKIN hampir mirip dengan SBMPTN karena model seleksinya sama-sama menggunakan nilai ujian.

UM-PTKIN menggunakan model seleksi berbasis ujian, satu-satunya cara untuk menguasai materi UMPTKIN adalah dengan mempelajari materi UMPTKIN.

Peserta tidak usah bingung cara mendapatkan soal latihan UMPTKIN, karena saat ini banyak yang membagikan contoh latihan soal dari google, atau bisa juga belajar dari buku soal latihan yang bisa dibeli di toko buku yang ada di sekitar tempat tinggal peserta.

Biasanya buku latihan soal UMPTKIN sudah dilengkapi penjelasan dan juga ringkasan materi yang mengacu pada kisi-kisi soal UMPTKIN. Jadi, hal ini dapat memudahkan para peserta untuk belajar dan menyusun strategi belajar yang efektif.

Waktu pelaksanaan tes UMPTKIN itu tidak lama lagi. Tahun ini, akan dilaksanakan pada tanggal 14-17 juni 2022, itu artinya kurang lebih para peserta melakukan persiapan sekitar 46 hari lagi. Ini merupakan waktu yang terbilang singkat, namun jangan khawatir karena menjelang tes UMPTKIN ada loh tips dan strateginya.

Nah, gimana sih memaksimalkan waktu yang ada agar bisa lulus UMPTKIN? dan bagaimana tips belajar dan strategi belajar yang efektif menjelang tes UMPTKIN?

Aulia Dwi Oktavia cahyani, Duta Kampus UIN Ar-Raniry ini membagikan tips dan strategi serta pengalamannya tentang mengahadapi tes UMPTKIN. Menurut pengalaman pribadinya saat pertama kali mengikuti tes UMPTKIN banyak sekali yang ia rasakan, diantaranya perasaan nerves dan khawatir tentang soal yang akan keluar di ujian nantinya, dan ia juga sepat mengira bahwa soal-soal yang kita anggap tidak keluar justru soal tersebut yang banyak keluar serta tidak sedikit dari peserta yang mengagap ringan dan bahkan menyepelekan tes UMPTKIN ini.

“Pengalaman pribadi saya ketika mengikuti UMPTKIN yang pertama saya rasakan yaitu nerves dan deg-degan, aku tidak menyangka kalau soal-soal yang kita tidak anggap akan keluar justru soal itu yang paling banyak keluar. Lalu banyak juga yang menganggap sepele ujian UMPTKIN ini padahal ujian ini bisa dikatakan lumayan sulit dan memiliki banyak saingan,” jelasnya, Kamis, (28/4/22).

Berikut tips belajar efektif untuk menghadapi tes UMPTKIN menurut Aulia Dwi Oktavia cahyani.

  1. Banyak menyisihkan waktu luang untuk belajar sebelum ujian UMPTKIN (minimal 1 bulan sebelum ujian). Soal ujian yang terbilang susah tidak mungkin untuk kita dapat memahami banyak soal dalam waku singkat. Hal ini yang harus diatur oleh calon mahasiswa baru untuk belajar semaksimal mungkin sehingga ketika ujian dapat menjawab soal dengan baik karena sudah mempelajari soal-soal dengan waktu yang cukup.
  2. Rajin latihan soal-soal seperti mengikuti try out. Hal ini dapat melatih diri kita agar tidak kaget ketika melihat soal ujian nantinya.
  3. Banyak mencari tau informasi mengenai soal ujian kepada orang-orang yang sudah mengikuti ujian UMPTKIN ditahun lalu.
  4. Kuasai materi belajar yang menjadi kelebihanmu. Hal ini dapat memaksimalkan pengerjaan soal ujian kamu dengan menyiasati dan mendalami mata pelajaran tertentu yang menjadi kelebihanmu. Dengan begitu, ketika mengerjakan soal nanti, kamu dapat menentukan soal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Waktu pengerjaan ujian menjadi lebih efisien karena kamu tidak berkutat hanya pada satu soal saja.
  5. Menentukan target. Menentukan target ini bisa berupa target belajar, target nilai yang ingin kamu capai, dan target jurusan. Setelah memiliki target, kamu jadi bisa menyusun strategi agar peluang kamu untuk masuk ke jurusan di PTN semakin besar.

Sedangkan strategi belajar efektif jelang tes UMPTKIN adalah sebagai berikut.

  1. Membuat jadwal belajar setiap harinya. Dengan adanya jadwal belajar kamu jadi lebih teratur dalam belajar untuk mempersiapkan ujian nantinya.
  2. Mempersiapkan diri dengan matang.
  3. Melakukan review dari soal ujian tahun sebelumnya. Melakukan review dengan baik, maka kamu akan tahu dimana kelemahan kamu dalam penyelesaian soal-soal ujian yang ada. Karena dengan itu kita bisa menambah pengetahuan kita dari hal-hal yang kurang tersebut.
  4. Strategi terakhir dengan mengevaluasi kelemahan yang kamu punya. Kelemahan memang harus diperbaiki dari jauh-jauh hari, karena dengan memperbaiki kelemahan tersebut membuat kamu jadi sadar apa yang kurang dari persiapan kamu menjelang ujian nantinya . Alangkah baiknya jika setelah kamu tahu apa saja kelemahan yang kamu miliki lalu segera untuk memperbaikinya. Dengan begitu pada saatnya tiba ujian UMPTKIN berlangsung kamu sudah merasa siap.

Diakhir wanwancara Aulia berharap kepada camaba agar tidak menyerah dan berusaha serta mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Harapan saya untuk calon mahasiswa baru agar tidak pantang menyerah untuk berusaha dan mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar dapat hasil yang memuaskan,” pungkasnya. []

Reporter : Putri Nadia
Editor : Hasni Hanum