8.857 Peserta Ikuti UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Berbasis Online

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) berbasis online menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Mobile. Terhitung 8.857 calon mahasiswa baru yang memilih UIN Ar-Raniry pada UM-PTKIN 2022 baik pilihan satu, pilahan dua maupun pilihan tiga.

Ujian tersebut nantinya akan berlangsung selama tiga hari, dimulai sejak 14 hingga 16 Juni 2022 mendatang.

Seperti yang dijelaskan oleh Fadhli selaku Sekretaris Panitia dan Kepala Bagian (Kabag) Akademik Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, jumlah ini cukup turun dari tahun saat sebelum Covid.

“Sejak pandemi peserta yang mengikuti UM-PTKIN di UIN Ar-Raniry ada sedikit penurunan, hal ini tentu tidak dapat kita elakkan, karena berbagai faktor,” jelasnya, Senin (13/6/2022).

Tahun 2022 ini program studi peminat terbanyak yang ada di UIN Ar-Raniry adalah ekonomi syariah dengan jumlah peserta mencapai 1069, disusul perbankan syariah 827 peserta, hukum ekonomi syariah 714 peserta dan program studi pendidikan bahasa Inggris sebanyak 544 peserta.

Lanjut Fadhli, tahun ini proses UM-PTKIN masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu berbasis online, namun untuk tahun 2022 ini ada pembaharuan pada aplikasi yang digunakan.

“Tahun ini aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) tersebut sudah ada pembaharuan, kalau tahun sebelumnya aplikasi SAPA yang menjadi tempat pengaduan peserta tersebut dibedakan dengan aplikasi ujian, tapi pada tahun ini aplikasi SAPA tersebut sudah ada di dalam aplikasi ujian, hal ini tentu untuk memudahkan peserta dalam mengikuti ujian,” tutupnya.

Hasil UM-PTKIN ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2022 mendatang pada link
https://um-ptkin.ac.id/home []

Repoter: Uswatul Farida

Editor: Saadatul Abadiah