Bermasalah Saat Ujian UM-PTKIN, SAPA Solusi-nya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) berbasis online menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Mobile kemungkinan mengalami berbagai kendala tidak terduga bagi peserta ujian.

Sebagai antisipasi, para peserta yang memiliki kendala dapat langsung melapor di aplikasi Sistem Administrasi Pelayanan (SAPA) pada link http://sapa.um-ptkin.ac.id.

Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada tim pusat terkait kendala dari peserta ujian.

Ridho Ilahi, selaku helpdesk operator SAPA menjelaskan, bagi peserta yang tidak bisa mengikuti ujian pada jadwal yang telah ditentukan karena berbagai kendala, maka waktu yang diberikan paling lambat 4 jam setelah ujian selesai, lebih dari waktu tersebut tidak berlaku.

“Untuk peserta ujian jika ada kendala tidak bisa ikut ujian boleh melapor ke SAPA dengan ketentuan paling lama 4 jam setelah ujian selesai, selebihnya tidak akan ditinjau lagi,” jelasnya.

Lanjut Ridho, agar peserta ujian dapat melapor di SAPA, lebih baik menyediakan alat seperti handphone atau labtop yang terpisah dari perangkat yang digunakan saat mengikuti ujian.

“Sebaiknya peserta ujian harus ada perangkat lain untuk mengakses SAPA, karena perangkat yang digunakan untuk ujian dia tidak bisa keluar dari laman ujian tersebut, kalau keluar nanti lebih bermasalah lagi,” katanya.

Kemudian, peserta yang melapor harus menyertakan bukti yang akurat tentang kendala jika tidak bisa melakukan ujian.

Ujian berlangsung dimulai sejak 14 hingga 16 Juni 2022 memdatang.[]

Reporter: Saadatul Abadiah