Pantau Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN 2022, Menag Beri Pesan ini.

Sumberpost.com | Banda Aceh – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas meninju pelaksanaan ujian dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara hybrid, Zoom Meeting dan juga langsung di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Dalam peninjauannya itu, Menag menyampaikan pesan kepada panitia untuk dapat mengawasi pelaksanaan UM-PTKIN berjalan dengan lancar.

“Seleksi mahasiswa baru ini adalah proses yang harus dilalui dan dijalani dengan baik dan profesional. Saya harap seluruh panitia dapat mengawal dan memastikan bahwa Ujian UM-PTKIN ini berjalan dengan baik dan lancar,” pesan Menag via Zoom, Selasa (14/6/2022).

Selanjutnya, Menag mengapresiasi perkembangan mutu dan kualitas PTKIN. Menurutnya, PTKIN kini menjadi pilihan utama masyarakat untuk melanjutkan kuliah.

“Kini dan ke depan, PTKIN bukan lagi pilihan alternatif,” kata Menag.

Disisi lain Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan, SSE UM-PTKIN tidak hanya menguji potensi akademik, namun juga pemahaman nilai keagamaan yang membentuk akhlakul karimah serta pemahaman nilai moderasi beragama. 

“Ini menjadi ikhtiar bersama, semoga berjalan sukses, dan membawa kebaikan pada dunia pendidikan di PTKIN,” kata Ali Ramdhani

Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Bandung yang juga Ketua forum Rektor PTKN, Mahmud, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia nasional dan lokal atas terlaksananya SSE UM PTKIN Tahun 2022. 

“Ini Luar biasa, terlebih Bapak Menteri Agama, Gus Yaqut berkenan hadir menyaksikan langsung di UIN Bandung,” tutup Mahmud.

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) tahun 2022 digelar serentak secara online di sejumlah kampus PTKI di Indonesia selama tiga hari, 14 – 16 Juni 2022. []

Reporter: Saadatul Abadiah