Diskusi Dengan Aceh TV, Safrijal Sampaikan Hambatan TV Lokal Berkembang

Sumberpost.com | Banda Aceh – Safrijal Jamal, sebagai Manager Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) Aceh TV, menyampaikan diskusi singkat terkait hambatan perkembangan TV lokal, di studio Aceh TV bersama 28 mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda, Selasa (21/6/2022).

Seperti yang disampaikan, saat ini Aceh TV masih aktif dalam menayangkan program-program yang ada, meskipun begitu, Safrijal menjelaskan, Aceh TV yang merupakan TV lokal masih sangat kurang secara finansial, sehingga banyak program yang harus diberhentikan.

“Titik puncak banyaknya karyawan di Aceh TV itu pada tahun 2011 dengan 106 karyawan, banyaknya karyawan itu karena banyaknya program pada masa itu, kemudian terjadi perampingan-perampingan hingga terjadi lebih kecil dan ditambah lagi dengan kondisi covid maka terpaksa beberapa program yang tidak menghasilkan, maksudnya yang tidak memiliki sponsor terpaksa diberhentikan,” ungkap Safrijal.

Safrijal menambahkan, produksi program TV tidak bisa dilanjutkan jika tidak mendapatkan sponsor.

“Tidak mungkin kita memproduksi tanpa sponsor, jika kita terlalu mengejar produksi, sponsornya tidak ada maka kita tidak makan apa-apa lagi. Maksudnya kebutuhan kita besar, jadi kita harus bisa hemat dari situ, hingga banyak masyarakat bertanya mengapa acara Cae tidak ada lagi misalnya, ” jelasnya.

Azman, selaku Ketua Prodi KPI UIN Ar-Raniry mendukung penuh langkah mahasiswanya dalam mengasah kemampuan di bidang pertelevisian. Menurutnya, mahasiswa KPi memiliki kesempatan besar untuk berkarir dalam dunia televisi.

“TV itu tetap menjadi suatu hal yang penting, jadi bagi Mahasiswa yang nantinya benar-benar tertarik untuk berkarir dalam dunia televisi ini kita punya kesempatan yang lebih besar, terlebih kita bisa menjadi presenter, reporter, dan segala macam yang merupakan skill yang masih bisa dikembangkan,” ungkapnya.

Aceh TV merupakan stasiun TV lokal di Aceh yang telah beralih dari TV analog ke TV digital.

Aceh TV juga eksis dalam pemberitaan melalui internet TV, seperti youtube. Terhitung, ada tiga channel youtube yang berbeda, yaitu Aceh TV Program, Aceh Tv Berita, dan Aceh TV Live Streaming. []

Reporter: Uly Rahmaty


Editor: Saadatul Abadiah