Ratusan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Gelar Aksi Penolakan BBM

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sejak hari Sabtu 3 September 2022, menimbulkan sejumlah aksi penolakan di berbagai daerah termasuk Aceh. Aksi penolakan ini juga ikut dilakukan oleh ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang digelar di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Senin (5/9/2022).

Merespons keresahan yang terjadi dikalangan masyarakat mengenai persoalan kenaikan harga BBM bersubsidi, dan kenaikan tarif listrik, dalam aksinya kali ini ratusan mahasiswa menuntut serta menyatakan sikap atas beberapa hal :

  1. Menolak keputusan pemerintah terkait kenaikan harga BBM bersubsidi yang akan berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat Indonesia.
  2. Mendesak pemerintah agar memformulasikan kebijakan alternatif terbaik di samping mendistribusikan bantuan sosial (bansos) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).
  3. Mendesak pemerintah membuat regulasi penyaluran BBM bersubsidi dengan berdasarkan data yang tepat dan terukur.
  4. Mendesak pemerintah untuk mencabut kebijakan kenaikan tarif listrik.
  5. Mendesak DPR RI agar menolak proposal pemerintah terkait kenaikan harga BBM.
  6. Mengamini seluruh point tuntutan masyarakat dan mahasiswa.

Dalam demo ini beberapa oknum mahasiswa mendesak untuk masuki gedung DPRA hinga mengakibatkan kericuhan, setelah kericuhan berlalu aksi dari mahasiswa dilanjutkan didalam gedung DPRA.

Reporter: Muhammad Zikri Kamal

Editor: Nurul Hidayah