Dekan FTK Ikuti Evaluasi PPG PAI 2022

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Safrul Muluk, mengikuti acara Evaluasi Pelaksanaan PPG PAI dalam Jabatan Tahun 2022, di Novotel Lombok Resort & Villas Lombok, Kamis (15/9/2022).

Adapun yang hadir dalam acara tersebut diantaranya, Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof Muhammad Ali Ramdhani, Direktu Pendidikan Agama Islam, Drs. Amrullah, M. Si., Kasubdit Pendidikan Agama Islam M. Munir, S. Ag., Dekan FTK seluruh Indonesia, Kabid Kanwil seluruh Indonesia, dan tamu undangan lainnya.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, pentingnya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di seluruh Indonesia untuk melakukan kolaborasi sehingga kedepan semua LPTK mengalami peningkatan kelulusan mahasiswa.

“LPTK itu sangat penting di seluruh Indonesia untuk melakukan kolaborasi sehingga kedwpan semua dapat mengalami peningkatan kelulusan mahasiswa,” katanya.

Ali juga menambahkan LPTK yang kelulusan mahasiswa masih dibawah 60 persen untuk tidak berkecil hati, akan tetapi tetap berbenah diri dan berkolaborasi dengan LPTK yang kelulusan mahasiswa diatas rata-rata sehingga kedepan akan mengalami peningkatan.

“LPTK yang kelulusannya mahasiswa masih dibawah 60 persen jangan berkecil hati, akan tetapi tetap berbenah diri dan berkolaborasi dengan LPTK yang kelulusan mahasiswa diatas rata-rata sehingga kedepan akan mengalami peningkatan,” katanya.

Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah, menyampaikan dalam sambutannya bahwa, Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Batch 2 tahun 2022 dilaksanakan dengan 3 skema yaitu Batch 1 dibiayai APBN, Batch 2 dibiayai APBD dan Batch 3 dibiayai LPDP. Kelulusan mahasiswa PPG PAI batch 1 tahun 2022 mengalami peningkatan. Ia pun mengharapkan batch ke-2 nantinya akan mengalami peningkatan lagi.

“PPG batch 2 tahun 2022 dilaksanakan dengan 3 spekma, yaitu batch 1 dibiayai APBN, batch 2 APBD dan batch 3 LPDP, dimana kelulusan mahasiswa PPG PAI batch 1 mengalami peningkatan, semoga batch 2 lebih meningkat lagi,” katanya.

Amrullah juga mengucapkan terimakasih kepada LPTK, Kanwil dan Pemda setempat atas kerjasamanya yang sangat baik sehingga dengan bantuan Pemda akan mempercepat tersertifikasinya guru PAI.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada LPTK, Kanwil dan Pemda setempat atas kerjasamanya yang sangat baik sehingga dengan bantuan Pemda akan mempercepat tersertifikasinya guru PAI,” ucapnya.

Dekan FTK l, Safrul Muluk,didampingi ketua PPG, Hazrullah, menyampaikan bahwa Evaluasi pelaksanaan PPG Guru PAI penting dilaksanakan dalam rangka menjaga mutu dalam proses pembelajaran. Pembelajaran mahasiswa PPG harus mengutamakan kualitas dan penuh inovasi. Serta berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga kelulusan pada LPTK UIN Ar-Raniry pun meningkat pada batch 2.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga kelulusan pada LPTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Akan mengalami peningkatan pada batch 2 nantinya,” pungkasnya.

Kegiatan evaluasi diakhiri dengan diskusi terkait kelulusan mahasiswa Batch 2 dan persiapan pelaksanaan PPG Batch ke-3. [Rel]