Dosi Elfian : Dalam Komunikasi Saya dan Kamu Itu Sama

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam komunikasi saya dan kamu itu sama. Sama dalam arti kemampuan yang dimiliki untuk dapat menginformasikan sesuatu dan keahlian dalam berbicara.

Hal ini disampaikan oleh Dosi Elfian selaku Founder Smart Dosi Elfian Publik Speaking pada kegiatan Publik Speaking Training yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Komunikasi penyiaran Islam UIN Ar-Raniry di El Coffe, pada Minggu, 18/9/2022.

Dalam kegiatan ini, Dosi menyampaikan, tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar dan tips-tips mampu berbicara di depan umum. Salah satunya tipsnya ialah mampu menghargai audiens atau penonton.

“Salah satu cara terbaik bisa berkomunikasi ialah mampu menghargai, misalnya dengan menghargai audiens ataupun teman bicara. Perilaku saling menghargai itulah yang disebut dalam komunikasi saya dan kamu itu sama,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menambahkan, komunikasi yang mengartikan saya dan kamu itu sama, juga berlaku pada penghargaan kita terhadap seseorang.

“Komunikasi itu mengartikan sama, maksudnya ialah ketika penghargaan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain itu sama, tidak membeda-bedakan, misalnya saja penghargaan yang kita berikan kepada seorang presiden harus sama dengan yang kita berikan kepada tukang parkir,” jelasnya.

Kegiatan diskusi ini merupakan sebuah program yang digalakkan oleh HMP KPI divisi pendidikan, selain itu juga terbuka untuk umum dan juga terkhusus mahasiswa KPI UIN Ar-Raniry.

Kemudian, Ketua Pantia, Althaf Abid berharap program ini dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa KPI sehingga mendorong minat mereka dalam membenahi skill public speaking.

“Kami berharap pelatihan ini dapat menjadi wadah untuk membantu teman-teman mahasiswa KPI menambah ilmu tentang bagaimana cara berbicara di depan umum,” harapnya.[]

Reporter : Uswatul Farida