Zikir dan Do’a Bersama Memperingati Milad UIN Ar-Raniry, Begini Tanggapan Civitas Kampus dan Mahasiswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka memperingati milad Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh yang ke-59 tahun, Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman menggelar zikir dan do’a bersama di Masjid Fathun Qarib, Rabu (5/10/2022).

Kegiatan zikir bersama dipimpin oleh Tgk. Syahminan, sedangkan do’a bersama dipimpin oleh Ustadz Ivan Aulia Trisnadi. Tujuan dari kegiatan ini untuk  mengirimkan do’a kepada para almarhum pimpinan dan tokoh pendiri UIN Ar-Raniry, juga mengingatkan kita kembali usahanya yang telah bersusah payah mengorbankan segenap tenaga dan pikiran sehingga berdirilah kampus UIN Ar-Raniry seperti saat ini.

Salah seorang civitas kampus, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Safrul Muluk mengatakan dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat silaturrahmi antar civitas akademika, dan juga mengingatkan kita kembali bagaimana sejarah perjalanan berdirinya kampus UIN Ar-Raniry dari tahun 1963-2022 sekarang.

“Kegiatan ini saya rasa sangat penting, pertama adalah untuk merekatkan silaturahmi antar civitas akademika, dan yang kedua tentunya untuk melihat kembali history dari pendirian lembaga UIN Ar-Raniry, dimana ini adalah salah satu dari 2 lembaga pendidikan besar di Aceh yang telah berdiri sejak tahun 1963,” terangnya.

Civitas akademika lainnya, Wakil Dekan (Wadek) 2 FTK Samsul Kamal mengatakan bahwa zikir dan do’a bersama ini adalah kegiatan yang bagus untuk dilaksanakan dan perlu dilakukan setiap tahunnya. Agar kita bisa mengenang jasa para tokoh terdahulu yaitu para pendiri UIN Ar-Raniry dengan cara mengirimkan doa kepada mereka sebagai apresiasi dan tanda jasa.


“Event zikir dan doa bersama adalah sebuah kegiatan yang sangat bagus untuk dilakukan setiap tahunnya. Dimana dengan adanya kegiatan ini, kita selalu dapat mengenang jasa dan hal-hal yang telah dilakukan oleh para pemimpin sebelumnya yang sangat patut kita apresiasi dengan cara salah satunya mengirimkan do’a untuk para pimpinan serta tokoh-tokoh pendiri UIN Ar-Raniry yang telah mendahului kita,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini pula, Mahasiswa Prodi Komisi Penyiaran Islam (KPI), Fatimah Az-Zahra memberi tanggapannya, dimana menurutnya, acara ini sangat berdampak positif bagi kita, seperti yang diketahui, shalawat atas nabi adalah cara untuk muhasabah diri, mempererat tali silaturahmi baik dari dosen dan mahasiswa itu sendiri.

“Menurut saya, acara ini positif vibes banget, karena dengan kita bersyukur kepada Allah, dengan bershalawat ke atas nabi, secara tidak langsung diri ini jadi termuhasabahkan. Dan saya lihat dengan adanya acara di masjid tadi, menambah erat tali silaturahmi,” katanya.

Ia juga berharap, semoga kita semua bisa lebih bersyukur dan bertadabbur sehingga dapat membuka pikiran yang jernih dan kedepannya bersinergi bersama memajukan UIN Ar-Raniry.

Selain itu, Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah (MD), Rifka Alfiany mengatakan, baginya kegiatan ini sungguh luar biasa dan juga dihadiri oleh banyak dosen yang sangat antusias. Dengan ini bisa ikut mendo’akan para pendahulu kita yang telah berjuang mendirikan UIN Ar-Raniry hingga mahasiswa mendapat pendidikan yang layak.

“Ini sangat bagus, dan luar biasa dosennya juga banyak yang antusias mengikuti kegiatan ini, dengan adanya kegiatan zikir dan do’a bersama ini sekaligus kita bisa mendo’akan para pendahulu kita yang telah bersusah payah dan memperjuangkan sehingga kita sampai saat ini mendapat pendidikan yang layak,” pungkasnya.

Kegiatan zikir ini diikuti oleh para civitas akademika dan juga mahasiswa UIN Ar-Raniry. []

Reporter: Cut Wulandari Sukma
Editor: Hasni Hanum