Reakreditasi 7 Prodi, FTK UIN Ar-Raniry Adakan Workshop Pembekalan dan Review Borang

Sumberpost.com | Banda Aceh – Reakreditasi 7 Program Studi (Prodi) di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan kegiatan Workshop dan Review terhadap Borang Akreditasi 7 prodi, di Hotel Grand Nanggroe dari tanggal 8 – 11 Oktober 2022.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi kesiapan Borang Akreditasi 7 prodi di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry yang akan mensubmit Borang ke Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) pada tahun 2023.

Safrul Muluk, selaku Dekan FTK UIN Ar-Raniry dalam sambutannya menyampaikan bahwa pimpinan FTK dan Rektor UIN Ar-Raniry siap memfasilitasi semua kebutuhan prodi untuk mencapai akreditasi unggul, termasuk mengalokasikan anggaran persiapan untuk setiap prodi yang sedang reakreditasi.

“Kami siap memfasilitasi semua kebutuhan prodi untuk mencapai akreditasi unggul dan mengalokasikan angaran untuk prodi-prodi yang sedang reakreditasi,” katanya.

Safrul menambahkan dengan adanya kegiatan workshop ini telah membuktikan adanya keseriusan dalam meningkatkan nilai akreditasi Prodi di FTK dan semua Prodi tersebut akan di karantina agar fokus untuk menyelesaikan dan menyempurnakan borang.

“Dengan adanya workshop ini, telah menjadi bukti bahwa kita benar-benar serius dalam meningkatkan nilai akreditasi prodi di FTK UIN Ar-Raniry. Kita juga melakukan karantina untuk setiap Prodi yang akan reakreditasi supaya fokus untuk menyelesaikan dan menyempurnakan borang,” ujarnya.

Di samping itu pula, Safrul juga berharap dari kegiatan ini, untuk adanya peningkatan status akreditasi prodi, sebagaimana yang diharapkan oleh Rektor UIN Ar-Raniry, yang menargetkan setidaknya 5 Prodi di FTK UIN Ar-Raniry dapat memperoleh akreditasi unggul (A). Seperti yang diketahui saat ini masih memiliki 2 Prodi yang akreditasinya sudah unggul, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

“Kita berharap ada peningkatan status akreditasi prodi, seperti yang diharapkan oleh Rektor, bahwa setidaknya FTK bisa mencapai 5 Prodi dengan akreditasi unggul. Saat ini FTK UIN Ar-Raniry memiliki 2 prodi berakreditasi unggul, yaitu Prodi PBA dan PPGMI,” ucap Safrul. Minggu (8/10/2022).

Selain itu, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujibburrahman dalam pengarahannya pada saat pembukaan workshop mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Tim FTK UIN Ar-Raniry dan dapat dijadikan contoh oleh fakultas lain.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dimana kegiatan seperti ini dapat dijadikan contoh oleh fakultas lain,”

Mujibburrahman juga mengatakan bahwa UIN Ar-Raniry saat ini fokus pada peningkatan akreditasi prodi dan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), salah satunya dengan pengadaan workshop dan pendampingan terhadap Prodi. Maka dari itu, narasumber nasional perlu dihadirkan untuk memberi gambaran utuh tentang kebijakan dan teknis pengisian borang untuk mendapatkan akreditasi unggul.

“Saat ini kita fokus pada peningkatan akreditasi prodi dan AIPT, termasuk salah satu upaya yang kita lakukan adalah dengan mengadakan workshop dan pendampingan terhadap prodi-prodi. Untuk itulah mengapa kita mendatangkan narasumber nasional untuk memberikan gambaran utuh tentang kebijakan, dan tehnis pengisian borang untuk mendapatkan akreditasi unggul,” pungkasnya.

Saat ini UIN Ar-Raniry juga sedang mempersiapkan Borang AIPT, tentu nilai akreditasi prodi akan berdampak terhadap akreditasi AIPT UIN Ar-Raniry.

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua, Sekretaris Prodi dan tim borang dari 14 prodi di FTK UIN Ar-Raniry, 7 prodi diantaranya akan mengusul re-akreditasi pada tahun 2023. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) UIN Ar-Raniry, Satuan Pengawasan Intern (SPI) UIN Ar-Raniry, Gugus Jaminan Mutu (GJM) FTK UIN Ar-Raniry dan Assesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) FTK UIN Ar-Raniry. [Rel]