UIN Ar-Raniry Bersama UTU Adakan Kuliah Gabungan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka pendalaman materi jurnalistik, mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Tengku Umar (UTU) dan mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan kuliah gabungan di Oen Kopi, Jl. Panglima Nyak Makam, Lampineung, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Minggu (9/10/2022).

Kegiatan yang di isi langsung oleh Muzakkir merupakan dosen jurnalistik UTU dan Yarmen Dinamika merupakan redaktur senior harian Serambi Indonesia sekaligus dosen UIN Ar-Raniry ini mengusung tema “Teknik Menulis Jurnalisme Warga dan Artikel Opini”.

Acara ini membahas terkait dengan bagaiman seseorang bisa menulis walaupun tidak berprofesi sebagai seorang wartawan, dan juga menjelaskan bagaimana menjadi jurnalisme warga dan cara untuk membuat artikel opini.

Salah satu pemateri acara Yarmen Dinamika, mengatakan, setiap orang itu berhak untuk menulis selayaknya seorang wartawan, karena dengan tulisan seseorang bisa membagikan ilmunya tanpa batas waktu.

“Apa yang anda lihat, dengar, alami, baca dan apa yang anda kerjakan bisa dijadikan tulisan, dan yang perlu di ingat bahwa ada rumus yaitu dengan membaca anda mengenal dunia dan dengan tulisan dunia akan mengenal anda,” ucapnya.

Salah satu mahasiswa UTU, Maulida Khairani, yang mengikuti kuliah gabungan mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat penting karena pemateri memberikan banyak pengetahuan.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini karena Ilmu itu sangat luas maka kita harus mencari ilmu di tempat yang lain yang lebih luas dengan cara mengikuti kegiatan seperti ini, dengan adanya acara ini kami bisa mencari ilmu dari pak Yarmen Dinamika tentang ilmu-ilmu jurnalistik,” katanya.

Disisi lain Putri Nabila yang juga mahasiswa menuturkan hal serupa, perkuliahan gabungan ini sangatlah menambah ilmu dan membuka pikiran bahwa menulis itu sangatlah penting.

“Kesan saya dalam perkuliahan gabungan menyenangkan sekali, kita bisa berinteraksi dan bertukar pikiran dengan kampus lain. Terus pematerinya dalam menyampaikan materi juga menggunakan kata-kata yang mudah kita pahami,” tuturnya.

Kegiatan ini juga diiringi dengan staudy tour ke kantor Serambi Indonesia Banda Aceh, hal ini bertujuan agar lebih mengenal dan memahami proses memuat suatu berita dan bagaimana prosedur dalam percetakan koran. []

Reporter:Nadifa Rahma Putri

Editor: Nurul Hidayah