Rektor UIN Ar-Raniry: Jurnalis Itu Harus Independen

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, yang diwakili oleh Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK), Mirwan Fasta, dalam pembukaan acara ngaji jurnalistik yang diadakan oleh Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKMP) Sumberpost mengatakan, menjadi seorang jurnalis harus memiliki kejujuran yang tinggi sehingga berita yang dihasilkan independen.

“Pers harus dijalankan dengan independen atau seimbang sehingga bisa menampilkan hal hal yang sebenarnya terjadi, karena jika sudah berpihak sangat mengerikan,” ujar Mirwan Fasta disela sambutannya, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut, Mirwan menyampaikan, saat ini pers sangat berpeluang besar sebagai wadah untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas sehingga diharapkan menampilkan informasi yang benar-benar terjadi.

Untuk itu, tambah Mirwan, seorang jurnalis penting untuk menyajikan informasi dengan fakta yang terjadi.

” Seorang jurnalis harus berniat dari hatinya untuk menyajikan informasi yang terjadi dengan permasalahan yang sebenar-benarnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini Mirwan, juga menyampaikan harapannya, agar seluruh peserta uang hadir dalam acara ini dapat menjadi seorang jurnalis yang profesional.

“Jadilah jurnalis yang profesional, sehingga dalam menyajikan informasi tidak ada keterpihakan tertentu,” pungkasnya.

Adapun kegiatan ngaji jurnalistik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis berita atau siaran pers pada setiap lembaga kemahasiswaan di lingkungan UIN Ar-Raniry sehingga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada masing-masing lembaga kemahasiswaan dapat terpublikasi dengan baik. [[

Reporter: Muhammad Zikri kamal

Editor: Saadatul Abadiah