Jenis dan Unsur Dasar Penulisan Berita

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kata berita tentunya tidak asing lagi ditelinga masyarakat luas. Berita merupakan salah satu media laporan mengenai suatu peristiwa atau kejadian terkini yang berisi tentang informasi mengenai kenyataan sebenarnya, menarik perhatian pembaca, serta dinilai penting.

Secara umum dalam penulisan berita juga bisa bersumber langsung dari komunitas pers, bahkan bisa langsung ditayangkan di media tersebut. Namun untuk samapai ketahap tersebut memiliki ketentuan tertentu yang harus dipenuhi dari berita tesebut. Dan hal dasar yang harus dipahami lebih dulu oleh para wartawan adalah jenis serta unsur-unsur yang terkandung dalam suatu berita. Berikut jenis-jenis berita.

Jenis-jenis berita.
1.Straight News : Berita langsung, diberitahukan secara singkat, padat, dan tentunya mengunakan konsep piramida terbalik.

  1. News Feature : Berita yang memiliki ciri khas yang menceritakan tentang sesuatu yang menarik, unik, menghibur, dan membangkitkan suasana hati pembaca.
  2. Indepth Reporting : Berita mendalam, merupakan jenis berita yang membahas suatu peristiwa dari perspektif tertentu.
  3. Investigative Reporting : Merupakan proses peliputan berita untuk mengungkapkan fakta yang belum diketahui oleh publik.

Hal serupa dijelaskan Zuhri Noviandi merupakan wartawan Kumparan.com, dalam paparan materinya, empat dasar yang harus dipahami dalam dunia jurnalistik.

“Dalam dunia jurnalistik itu dasarnya ada empat. Empat dasar ini adalah jenis berita, di luar jenis ini tidak termasuk kedalam pembahasan dunia jurnalistik,” jelasnya, Jumat (2/12/2022).

Disisi lain Nazarullah selaku Penasehat Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost menjelaskan, terdapat beberapa tahapan atau variabel dasar dalam menulis berita, yang menjadi pedoman dasar dalam menulis berita

“Dalam penulisan yang baik itu kita harus memasukan unsur-unsur dari 5W + 1H, yakni Who, What, Where, Why, When, How hal ini sebagai unsur yang didepankan dalam penulisan berita,” ujar Nazarullah.

Dengan demikian pemahan tentang jurnalistik sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan dalam menyebarkan informasi dikalangan masyarakat. []

Reporter : Randy Rizki A

Editor: Nurul Hidayah