PWNU Aceh dan UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Nasional Satu Abad Nahdlatul Ulama

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh bekerjasama dengan UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Seminar Nasional dalam rangka memperingati Haul 100 Abad Nahdlatul Ulama di Auditorium Prof Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Senin (30/01/2023).

Seminar nasional yang bertemakan “Merawat Raga Memperkuat Bangsa Untuk Peradaban Dunia” ini dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta dari berbagi instansi seperti mahasiswa dari UIN Ar-Raniry, STISNU Aceh serta santri-santri.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Tgk Iskandar Zulkarnaen mengatakan, rangkaian acara peringatan satu abad Nahdlatul Ulama ini sudah berlangsung hampir 2 bulam lamanya, sejumlah kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa, santri, dan pelajar.

Dalam waktu dekat, pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga akan menginisiasi kegiatan Fiqih Hadharah yang akan menghadirkan pemimpin-pemimpin muslim sedunia yang akan membahas sejumlah topik tentang bagaimana kita merespons tata dunia baru baik sisi syariah, politik, dan sebagainya.

“Dan puncak rangkaian acaranya tanggal 7 Februari di Sidoarjo, insya Allah akan hadir sekitar satu juta hingga dua juta kaum muslimin yang akan memadati wilayah Jawa Timur untuk memperingati satu abad Nahdlatul Ulama,” kata Iskandar.

Lebih lanjut, Rektor UIN Ar Raniry, Mujiburrahman, berharap, keberadaan NU pasca satu abad akan terus memberi manfaat secara luas kepada masyarakat di Indonesia, dan juga kepada masyarakat dunia bukan hanya kepada warga NU saja.

Pada seminar dalam rangka peringatan satu abad Nahdlatul Ulama, panitia menghadirkan 4 narasumber, diantaranya Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Mujiburrahman, Ketua PBNU Moh. Mukri, Ketua PWNU Aceh Tgk. H Faisal Ali dan Kapolda Aceh Ahmad Haydar. []

Reporter : Rina Hayati

Editor: Hasni Hanum