Sophie’s Sunset Library, Pustaka Keren di Tepi Pantai

Sumberpost.com | Aceh Besar – Sophie’s Sunset Library adalah sebuah pustaka keren di pantai dengan tambahan nuansa orange yang biasanya kita kenal dengan sunset. Pustaka ini berlokasi di Jalan Irwandi Yusuf street Kuala Cut, Lampuuk Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Perpustakaan ini buka pada hari Selasa-Minggu mulai dari pukul 09.00-21.00 WIB. Sehingga, para traveler tidak perlu khawatir untuk melewatkan kesempatan merasakan nuansa astetik yang bisa kita lihat dari bangunan klasiknya, menarik dan juga tambahan dari nuansa orange yaitu sunset yang sangat indah dan mempesona.

Ibu Sophie mengatakan perpustakaan pantai ini baru saja dibangun sekitar 7 bulanan yang lalu, tepatnya yaitu pada bulan Juni tahun 2022. Dimana juga telah dilakukan sebagai tempat untuk buka bersama.

“Pada saat puasa ramadhan tahun 2022, saya dan teman-teman saya melakukan kegiatan buka bersama yang mana semua teman-teman saya memilih lokasi bukber (buka bersama) di tempat ini,” ujarnya saat diwawancarai oleh Sumberpost.com pada Rabu (22/1/2023).

Selain itu, Ibu Sophie juga mengatakan tempat ini juga memiliki cafe kecil-kecilan, sehingga banyak orang-orang yang mengira bahwasanya Sophie’s Sunset Library ini adalah cafe dengan konsep pustaka, pernyataan itu adalah salah melainkan pustaka dengan konsep cafe.

“Tempat ini awalnya adalah pustaka pribadi yang mana dananya tidak didukung oleh pihak mana pun. Namun saya berpikir bagaimana caranya agar pustaka ini tetap hidup kami membuka cafe kecil untuk operasional pustaka. Jadi tempat ini bukan cafe dengan konsep pustaka, melainkan Pustaka dengan konsep yang ada cafe di dalamnya,” ujarnya.

Bagi anda yang ingin mengabadikan momen berharga, tempat ini mempunyai spot foto shoot prewedding dengan tema vintage maupun tema yang bernuansa buku dimana hal tersebut menggunakan sistem donasi, jadi untuk waktu 1 jam pemotretan budgetnya sebanyak Rp. 100.000,- nantinya akan dipergunakan untuk membeli buku kembali.

Selain itu, tempat ini juga ada camping ground baik untuk mahasiswa/i atau keluarga. Terdapat juga triffing sejarah seperti ke cerkof, ke makam Sultan Iskandar Muda yang mana nantinya akan dikaitkan dengan literasi. Adapun fasilitas pendukung lainnya seperti musholla, 2 kamar mandi dengan closet duduk dan jongkok.

Terdapat beberapa donatur memberikan donasi berupa buku ke tempat ini yaitu ada dari pemerintahan, Balai Bahasa, Museum Aceh, Dinas Pariwisata dan lainnya.

Pengunjung yang datang ke tempat ini tidak hanya untuk membaca buku, tetapi digunakan juga untuk meeting baik itu dari mahasiswa maupun pegawai kantor dan keluarga. Tempat ini banyak dikunjungi oleh mahasiswa dan remaja SMA tetapi ada juga pengunjung dari kalangan ibu/bapak baik dari lembaga perkantoran maupun dari beberapa keluarga.

Rahmatillah, seorang pengunjung Sophie’s Sunset Library mengatakan sangat senang membaca di tempat ini karena konsepnya yang vintage klasik ditambah spot foto menarik.

“Ini jadi tempat favorit baru untuk nyantai sambil membaca buku karena konsep perpustakaan yang vintage klasik,” katanya. []

Reporter: Putri Bainah Desky
Editor: Hasni Hanum