Usaha Batu Putih Sebagai Mata Pencaharian Kaum Ibu Dusun Krung Baru

Sumberpost.com | Banda Aceh – Krung Baru merupakan sungai yang terletak di Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (ABDYA). Krung Baru juga terkenal sebagai sungai penghasil batu putih yang berkualitas, hal ini dikarena batu putih yang dihasilkan tidak mudah berubah warna menjadi kehijauan meski terkena air hujan dan sengatan panas matahari. Jadi jangan heran jika batu putih ini menjadi sasaran banyak orang.

Uniknya di Krung Baru, yang juga merupakan salah satu dusun di Kecamatan. Lembah Sabil, Kabupaten. Aceh Barat Daya (ABDYA), usaha batu putih ini dijadikan sebagai salah satu matapencaharian dimana mayoritasnya ditekuni oleh para perempuan, terutama ibu rumah tangga (IRT).

Rida, seorang IRT yang sudah menekuni usaha batu putih selama 2 tahun mengaku, dengan usaha menjual batu putih sangat membantu perekonomian keluarga.

“Saya sudah menjual batu putih selama 2 tahun, dan dengan menekuni usaha ini sangat membantu perekonomian keluarga,” jelasnya, Jum’at (31/3/2023).

Batu putih yang dijual tersebut diperoleh dari para pengepul di pinggiran sungai. Selanjutnya, batu tersebut dimasukkan ke karung yang telah dipilah-pilah menurut ukuran batunya. Batu-butu yang sudah packing akan dijejerkan di depan rumah dan siap dijual. Untuk harganyapun sangat bervariasi yakni mulai dari Rp 20.000-Rp 30.000 tergantung dari ukuran batunya.

Rida juga menjelaskan, pelanggan batu putih sendiri tidak hanya berasal dari ABDYA saja, namun juga dari berbagai wilayah lainnya.

“Batu yang dijual bukan hanya dibeli oleh orang ABDYA, tapi juga banyak dari luar daerah dengan berbagai keperluan, mulai dari untuk hiasan taman depan rumah, hingga ditabur di atas makam,” pungkas Rida kepada Sumberpost. []

Reporter: Cut Wulandari Sukma


Editor: Julia Makhrami