Mengenal Prof Gunawan Adnan, Sosok Inspiratif di Mata Mahasiswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Suasana duka menyelimuti Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada Sabtu (25/3/2023) pagi. Kepergian salah satu Guru besar sekaligus Wakil Rektor l UIN Ar-Raniry Banda Aceh periode 2018-2022, Prof Gunawan Adnan, masih menyisakan duka hingga saat ini.

Almarhum merupakan lulusan S1 Prodi Ilmu Pendidikan dan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tahun 1991. Kemudian melanjutkan studi S2 di luar negeri yakni di Universitas Leiden (Belanda) pada tahun 1996 dan beliau lulus dengan predikat Magna Cum Laude. Beliau menyelesaikan gelar doktoralnya di Universitas Georgia Augusta, Goettingen-German pada tahun 1999-2004.

Almarhum adalah motivator bagi berbagai kalangan. Kepergian almarhum membawa duka bagi keluarga, kerabat, civitas akademika bahkan tak terkecuali bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry sendiri.

Irwandi, merupakan Ketua Senat Mahasiswa(SEMA) UIN Ar-Raniry mengungkapkan, Prof Gunawan adalah sosok yang tangguh, cerdas , serta agamis , dibalik seorang akademisi beliau juga seorang mubaligh yang sudah malang melintang di dunia dakwah Aceh.

“Hampir semua mimbar dakwah sudah beliau isi, Prof Gunawan adalah seorang da’i dunia dan akhirat,” tuturnya saat diwawancarai Sumberpost.com, Sabtu (1/4/2023).

Irwandi juga menambahkan, menurutnya Prof Gunawan adalah motivator terbaik bagi mahasiswa dalam pengembangan serta peningkatan ilmu, baik agama maupun ilmu akademik.

“Beliau pernah berpesan untuk selalu meningkatkan mutu anak muda seperti kami, jangan kalah dengan orang tua, karena jiwa muda adalah jiwa yang tangguh dan masih fresh, proses masih sangat banyak bisa dilalui,” lanjutnya.

Berbagai memori tentang Prof Gunawan akan dikenang melalui karya-karyanya, yang mampu menginspirasi berbagai kalangan. Salah satu karyanya yakni “Al-Qur’an : Lautan Ilmu Yang Tidak Berujung” di Jerman pada 2003. [ ]

Reporter: Nadhifa Rahma Putri

Editor: Julia Makhrami